Minang Geopark Run 4 Digelar di Sijunjung Desember 2022

-

Jum'at, 07/10/2022 11:35 WIB
GEOPARK

GEOPARK

Jakarta, sumbarsatu.com--Minang Geopark Run (MGR) akan digelar di Kabupaten Sijunjung  pada 3-4 Desember 2022 . Peluncuran kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Balairung Jakarta, Kamis (6/10/2022).

Gubernur Sumbar Mahyeldi mendukung kegiatan Minang Geopark Run tersebut.

“Pemprov siap mendukung pelaksanaan Minang Geopark Run ini, sebab akan jadi pembuka wisatawan ke Sumbar, karena banyak komunitas lari internasional yang memang mencari dan menanti iven seperti ini,” ungkapnya.

"Pemkab Sijunjung dan masyarakat mendukung penuh Minang Geopark Run 2022 ini. Kami akan melakukan berbagai persiapan untuk menyabut agenda ini," kata Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir.

Menurut Bupati Benny, Minang Geopark Run tentu akan meningkatkan kepariwisataan di Sumbar khususnya Kabupaten Sijunjung.

“Pemkab akan memperkenalkan UMKM yang ada di Sijunjung, mulai dari start di depan kantor bupati sampai finish di Geopark Nasional Ranah Minang Silokek,” paparnya.

Ketua Pelaksana Minang Geopark Run mengatakan MGR bertujuan mengajak masyarakat, terutama para pelari, untuk berolahraga bersama sambil menikmati keindahan alam serta budaya di kawasan Geopark Sumbar.

“Insyallah, Minang Geopark Run ini akan  dilaksanakan di Kabupaten Sijunjung Desember mendatang untuk mengupas keindahan satu dari sekian banyak geopark yang masih tersembunyi dan sangat asri di Sumbar,” sebutnya.

Lebih lanjut ia mengatakan MGR yang akan digelar di Sijunjung ini merupakan gelaran ke-4.

“Kami sudah melaksanakan sejak tahun 2018, 2019, dan 2021. Namun sempat terhenti pada tahun 2020 karena pandemi Covid-19. Kami minta dukungan kepada masyarakat dalam mensukseskan MGR ini," ujarnya.

Minang Geopark Run 2022 terdiri dari dua rute, yakni rute 13 kilometer khusus untuk kategori race single run dan 55 kilometer dengan tiga kategori race, ultra marathon,relay dua dan relay empat.

Untuk rute 13 kilometer, start di Kantor Bupati Sijunjungdan finish di Silokek. Sedangkan rute 55 kilometer, startdi depan Kantor Bupati Sijunjung, melalui Perkampungan Adat Sijunjung, Tanah Badantuang, Tanjung Ampalu, danfinish di Silokek. (Thendra)



BACA JUGA