Debat Publik Calon Wali Kota-Wakil Wali Kota Padang, Hendri Septa-Hidayat Kuasai Panggung

PUTARAN PERTAMA

Sabtu, 26/10/2024 23:42 WIB
Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang nomor urut 3, Hendri Septa-Hidayat dalam debat publik putaran pertama yang digelar KPU Kota Padang, Sabtu malam (26/10/2024) di Mercure Hotel Padang.

Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang nomor urut 3, Hendri Septa-Hidayat dalam debat publik putaran pertama yang digelar KPU Kota Padang, Sabtu malam (26/10/2024) di Mercure Hotel Padang.

Padang, sumbarsatu.com—Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang nomor urut 3, Hendri Septa-Hidayat unggul dalam segala hal saat debat publik putaran pertama yang digelar KPU Kota Padang, Sabtu malam (26/10/2024) di Mercure Hotel Padang.

Pasangan yang tampil kompak dan penuh keakraban itu menguasai setiap tahapan debab itu. Panggung milik pasangan ini. Keduanya menguasai materi debat dan unggul dengan program-programnya dibandingkan dua paslon lainnya.

"Dari segi komunikasi politiknya, Paslon Nomor Urut 3 Hendri Septa unggul dibandingkan paslon lainnya. Keduanya menguasai setiap meteri dan pertanyaan yang diajukan panelis,” kata Sumartono, pengajar Komunikasi Politik Universitas Eka Sakti Padang saat dimintai komentarnya setelah debat publil selesai digelar.

Sumartono menilai, Hendri Septa-Hidayat jauh lebih bernas dan tajam dalam beradu argumen terkait program-program unggulan yang ditawarkan kepada masyarakat.

“Sebagai incumbent, Hendri Septa mampu menangkis semua pertanyaan bertubi-tubi kepadanya. Hendri Septa menguasai semua capaian dan prestasi yang diraih Kota Padang semasa ia menjadi Wali Kota Padang,” ulas Sumartono.

Hal yang sama, tamban Sumartono, juga terlihat dari pernyataan Hidayat, mantan anggota DPRD Sumbar dapil Kota Padang selama dua periode ini. “Dengan data dan fakta mereka berhasil menjawab pertanyaan panelis dan paslon lainnya. Tak hanya itu, kedua pun mampu berkomunikasi dengan pendukungnya dalam debat,” tambah mantan Dekan FISIPOL Universitas Eka Saksi itu.

Sumartono menganggap, Hendri Septa-Hidayat punya program unggulan yang pro rakyat.

"Itulah kehebatan incumbent Hendri Septa. Dalam hal ini, beliau membangkitkan semua memori apa yang sudah dilakukannya selama menjadi Wali Kota Padang selama 2,5 tahun. Tentunya dengan punya bukti, data dan fakta yang nyata apa saja yang telah dilakukan. Ditambah dengan program unggulan yang akan Hendri Septa lakukan bersama pasangan hebatnya, Hidayat jika terpilih lima tahun ke depan," ucap Sumartono.

Komunikasi Politik yang Bagus

Pada bagian lain, Sumartono melihat, komunikasi politik paslon nomor urut 3 sangat bagus dibanding paslon lainnya, terutama soal dari saling melengkapi ketika menjawab pertanyaan.

Dalam hal ini, calon Wali Kota Padang Hendri Septa berbagi tugas dengan Calon Wakilnya Hidayat. Begitu juga manajemen waktu keduanya ketika dalam berdebat terlihat pas dan cocok dengan waktu yang disediakan penyelenggara.

Tak hanya itu, paslon nomor urut 3, Hendri Septa-Hidayat pun menunjukkkan kekompakannya. Mereka sangat kompak dan akrab.

Pantauan di lokasi, kekompakan dan akrabnya Hendri Septa-Hidayat sudah terlihat sejak sampai di Mercure Hotel, lokasi acara. 

Sebelum masuk, mereka menemui ratusan pendukung yang memenuhi pelataran hotel. “Hendri-Hidayat…menang,” teriak para pendukung.

Kekompakan paslon nomor urut 3 itu berlanjut hingga ke panggung. Keduanya bahkan saling tos-tosan usai menyampaikan visi dan misi.

Hendri Septa-Hidayat memang menjadi pasangan yang paling kompak dibanding dua pasangan calon lainnya.

“Memang seperti ini pemimpin yang kita butuhkan. Tidak ada jarak di antara mereka, bahkan dengan masyarakat,” kata Rina, salah seorang warga yang menyaksikan kekompakan mereka. SSC/*



BACA JUGA