Gubernur Sumbar Buka Fest Dama #3

Selasa, 30/07/2024 21:22 WIB
30072024-BUKA

30072024-BUKA

Agam, sumbarsatu.com-Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah didampingi Bupati Agam, H. Andri Warman, membuka secara resmi Festival Danau Maninjau (Fest Dama) #3, Selasa (30/7/2024) di Nagari Paninjauan, Kecamatan Tanjung Raya. Pembukaan festival ditandai dengan pemukulan tambua.

Ediwar, yang juga Ketua KAN Paninjauan mengatakan, kegiatan Fest Dama itu bertujuan untuk melestarikan kebudayaan Minangkabau, khususnya yang ada di salingka Danau Maninjau.

Menurutnya, beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam Fest Dama itu, antara lain tradisi bahondoh, penampilan baju kurang basiba, permainan tradisional, penampilan kesenian, simuntu, dan seminar.

Bahondoh merupakan tradisi masyarakat yang ada di salingka Danau Maninjau dalam menggarap lahan pertanian secara bersama-sama.

Tradisi bahondoh dimaksud mengandung nilai-nilai budaya, yaitu kebersamaan dan gotong royong.

Ia berharap, melalui kegiatan itu, tradisi adat dan budaya di salingka nagari bisa tetap lestari, dan dapat memajukan kebudayaan masyarakat di salingka Danau Maninjau.

Sementara Gubernur Sumbar, mengucapkan selamat dan memberikan apresiasi atas diselenggarakannya Festival Danau Maninjau.

Ia berharap, melalui Fest Dama, kebudayaan masyarakat bisa lebih berkembang, dan nilai-nilai yang terkandung di dalammya bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.(MSM)

 

Iklan

BACA JUGA