Syarifuddin Arifin Satu-satunya dari Sumatra Barat Diundang ke Perhelatan PPN XII Kuala Lumpur

-

Jum'at, 22/09/2023 08:01 WIB
Penyair nasional Syarifuddin Arifin

Penyair nasional Syarifuddin Arifin

 

Padang, sumbarsatu.com—Penyair nasional Syarifuddin Arifin yang berasal dari Sumatra Barat diundang ke Pertemuan Penyair Nasional (PPN) XII yang akan dilaksanakan 13-16 Oktober 2023 mendatang du Kuala Lumpur, Malaysia.

PPN XII ini akan dihadiri sekitar 200 penyair dari 5 negara ASEAN, yakni, Brunei Darussalam, Thailand, Singapura, Malaysia dan Indonesia. Syarifuddin Arifin satu-satunya panyair yang diundang dari Sumatra Barat dengan sajaknya yang berjudul "Ketika Ketuban Menangis" dari 36 orang penyair asal Indonesia lainnya.

“Ini kegiatan keempat kalinya saya ikuti. PPN sudah berlangsung sejak sejak 2008 yang pertama kali digelar di Medan (Sumut), lalu Palembang (Sumsel), Malaysia, Jambi, Thailand, Brunei Darussalam, dan Kudus. Dari Sumatra Barat, saya satu-satunya penyair yang diundang,” kata Syarifuddin Arifin kepada sumbarsatu, Jumat, 22 September 2023.. 

Presiden Persatuan Penulis Malaysia (PENA) Dr Muhammad Saleeh Rahamat sebagai pihak penyelenggara mengatakan, awalmya PPN ini dibentuk 5 negara dengan tujuan sebagai suatu pakatan sastera, merapatkan persaudaraan, membaca ekspresi sebagai jalan memakmurkan dunia sastera serantau.

Ia menjelaskan, PPN XII ini juga menerbitkan antologi puisi yang nantinya jadi dokumen sejarah pemikiran, estetika dan idealisme sasterawan, baik bagi yang sudah mapan mau pun bagi yang baru.

“Karena bukan alasan untuk pemisahan tua dan muda, bahkan wajar dipertautkan agar saling berbagi 'cinta' sastera dan merimbunkan perdamaian,” kata Muhammad Saleeh Rahamat.         

Peserta dari Indonesia ialah Maman S Mahayana, Ahmadun Yosi Herfanda, Isbedy Styawan ZS, Ratna Ayu Budiarti, Afrion, Anwar Putra Bayu, La Marta Batin, Tri Astoto Kodarie, Putut Tedjo Laksono, Sukardi Wahyudi, Bambang Widiatmoko,  Fakhrunnas MA Jabbar, Husnu Abadi, Lili Multatuliana Iskandar,  Eddy Pranata PNP,  Free Hearty, Shafwan Hadi Umri,  Syaifuddin Gani, Porman Wlson Manalu,  AG Andoyo, Akhmad Taufiq,  Ari Baduki,  Ayi Juftidar, Dien Farofosa, Djusniman Ssbirin, Evaria Razak

Selanjutnya Fitri Angraini, Gimien Artajuri, Lasita Nendra, Linny Oktavianny, Lutfi Mohammad, Mohammad Ayyubi, Rida K Liamsi,  Puji Astuti, Pannoer,  Siamir Maralufau, Tarmizi Rumahitam,  Yahya Andi Saputera,  dan Yurie Arsyad. SSC/MN



BACA JUGA