Minangkabau Corner dan UPT Perpustakaan Unand Gelar Pameran Batik Sunyi

Kamis, 29/08/2024 20:08 WIB
canting

canting

Padang, sumbarsatu.com--UPT Perpustakaan Universitas Andalas melalui Minangkabau Corner bekerja sama dengan Lembaga Surau Intellectual for Conservation (SURI) menggelar Pameran Batik Sunyi yang didukung oleh skema pendanaan Indonesiana LPDP 2024.

Pameran yang dimulai Kamis, 29 Agustus 2024 hingga sebulan ke depan bertempat di ruang Minangkabau Corner, Lantai 3, Perpustakaan Unand.

Tema yang diusung adalah “Batik Sunyi Motif Iluminasi Manuskrip Minangkabau”, yang menampilkan pesona batik yang terinspirasi dari manuskrip kuno dengan motif klasik.

Tujuan dari pameran ini adalah untuk mempopulerkan dan mengembangkan motif batik yang terdapat dalam naskah kuno, serta mengintegrasikannya dalam ekonomi kreatif melalui inovasi iluminasi dan rekayasa motif batik berbasis hilirisasi.

Proses ini tidak hanya menitikberatkan pada desain estetika, tetapi juga mempertimbangkan aspek produksi dan nilai tambah dari bahan baku hingga produk akhir.

Acara ini resmi dibuka oleh apt. Yori Yuliandra, M.Farm, PhD, Kepala Perpustakaan Unand. Yori Yuliandra mengapresiasi kegiatan ini karena tidak hanya memperkaya budaya tetapi juga meningkatkan pengetahuan dan mengedepankan aspek inklusivitas.

Kegiatan pameran ini memperkaya program dan layanan yang tersedia di Perpustakaan," kata Yori Yuliandra.

Kegiatan pembukaan ini juga dihadiri Balai Pelesterian Kebudayaan Wilayah III Provinsi Sumatera Barat, Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat, Museum Aditiawarman, dan diramaikan oleh mahasiswa dengan antusias.

"Sebelumnya, Minangkabau Corner juga pernah mengadakan pameran serupa namun kali ini ada inovasi dengan menampilkan karya batik dari teman-teman tuli yang tergabung dalam Komunitas Gergatin (Gerakan Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia)," ujar Surya Selfika, S.Hum, Ketua Lembaga SURI.

Sebanyak 40 orang teman tuli berpartisipasi dalam kegiatan ini. Pelatihan dilaksanakan dalam dua gelombang di Rumah Batik Canting Buana, Padang Panjang.

Gelombang pertama diikuti oleh 20 orang dari wilayah Padang, sedangkan gelombang kedua diikuti oleh peserta dari luar Padang, dengan durasi sekitar 5 hari.

Surya menjelaskan, persiapan pameran telah dimulai sejak Januari 2024. Tahap awal adalah mengidentifikasi motif dalam manuskrip yang dapat diterapkan pada batik. 

"Kemudian memilih peserta dan mengkurasi berdasarkan kualitas dan minat mereka terhadap kegiatan ini," terangnya.

Leni Febrianti, salah seorang peserta dari Komunitas Gergatin, mengungkapkan ketertarikannya dalam mengikuti kegiatan ini.

"Sebelum membatik, saya melihat pilihan motif yang disediakan oleh SURI, kemudian mulai mengerjakan kain batik tersebut. Proses pembuatan kain batik yang saya kerjakan memakan waktu sekitar 2-3 hari, dengan memilih warna hitam sebagai dasar kain dan motif batik berwarna pink," ungkap Leni.

Pramono, PhD, selaku Koordinator Minangkabau Corner menyatakan bahwa pameran Batik Sunyi di Minangkabau Corner UPT Perpustakaan Unand ini tidak hanya menjadi ajang pelestarian budaya, tetapi juga wadah untuk memperkuat inklusivitas dan pemberdayaan komunitas, khususnya bagi teman-teman tuli.

“Melalui kolaborasi antara lembaga pendidikan, komunitas, dan sponsor, kegiatan ini diharapkan dapat membuka peluang baru dalam pengembangan ekonomi kreatif berbasis kearifan lokal, serta memberikan inspirasi untuk inovasi lebih lanjut dalam memanfaatkan warisan budaya Minangkabau," tutupnya. SSC/PIK

Iklan

BACA JUGA