Agam Punya Kampung Pengawasan Pemilihan

Sabtu, 19/10/2024 20:45 WIB

Agam, sumbarsatu.com-Agam kini memiliki Kampung Pengawasan Pamilihan. Kampung itu diresmikan Pjs. Bupati Agam, diwakili Sekab Agam, Drs. H. Edi Busti, M.Si, dalam acara Sosialisasi Pengawasan Pemilihan, Sabtu (19/10/2024), di halaman Kantor Wali Nagari Salareh Aia Barat, Kecamatan Palembayan.

Pada kesempatan itu dilakukan penandatangan deklarasi kampung pengawas partisipasi di Kabupaten Agam oleh semua peserta yang hadir, dilanjutkan pemukulan gandang tambua tansa oleh Sekda Agam, Bawaslu Agam, Camat, KPU Agam, dan wali nagari.

Dalam sambutannya, Edi Busti menyampaikan pentingnya peran serta masyarakat dalam mengawal proses demokrasi yang sehat dan bersih.

Menurutnya, pengawasan partisipatif merupakan kunci dalam menciptakan pemilu yang berintegritas. Dengan adanya kampung pengawasan itu diharapkan masyarakat semakin proaktif dalam mengawasi setiap tahapan pemilu.

Ia berharap ada peningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengawasan terhadap setiap proses pemilihan umum, demi menjaga keadilan dan transparansi di setiap tahapan pemilu.

Sosialisasi itu melibatkan berbagai elemen masyarakat, dan diharapkan menjadi awal yang baik dalam menciptakan kampung, yang berperan aktif dalam pengawasan pemilu di tingkat lokal.

Sementara Ketua Bawaslu Agam, Suhendra mengatakan, kampung pengawasan partisipatif diharapkan sebagai wadah masyarakat agar meningkatkan partisipasi aktif dalam pengawasan Pemilu. (MSM)



BACA JUGA