Bidang Keahliah Sumber Daya Air Teknik Sipil Unand Sinergi Kelola DAS di Kuranji

Sabtu, 05/10/2024 18:00 WIB

Padang, sumbarsatu.com--Program Studi Teknik Sipil Bidang Keahliah Sumber Daya Air Universitas Andalas lakukan pengabdian masyarakat yang merupakan bagian dari program berkelanjutan dalam membantu nagari membangun.

Kegiatan ini diselenggarakan dalam bentuk Forum Group Discussion (FGD) dengan tema “Community-Driven Program for Rural Development and River Basin Management” untuk memperingati Hari Sungai Sedunia yang dilaksanakan minggu ke empat bulan September setiap tahunnya. Acara berlangsung di Masjid Taqwa Guo, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Sabtu, 5 Oktober 2024.

Kegiatan bersinergi dengan stakeholder terkait seperti Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Sumatra Barat (Bappeda), Dinas Pariwisata Kota Padang, Balai Wilayah Sungai Sumatra Lima, Dinas Sumber Daya Air Bina Konstruksi Provinsi Sumatra Barat, Dinas Partanian, Bank Nagari, Dewan Sumber Daya Air Provinsi Sumatra Barat.

Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pengelolaan DAS (Daerah Aliran Sungai) melalui edukasi terpadu untuk semua lapisan masyarakat, agar dapat mengurangi dampak bencana serta dapat mendorong pembangunan perekonomian masyarakat setempat.

Acara ini menghadirkan narasumber berpengalaman di bidang pengelolaan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan, di antaranya Rahmad Yuhendra, S.T., M.Sc., Elvibryna Nofriza, S.T., M.T., Midian Wahyu Tukuboya, S.T., M.T., serta Febriza, S.T., M.T.

Dalam sambutannya, Dr. Nurhamidah, M.T., M.Eng.Sc., selaku ketua pelaksana pengabdian menyampaikan, “Program Berkelanjutan Membantu Nagari Membangun ini sudah berjalan sejak tahun 2020. Program ini berawal dari terjadinya longsor pada tebing Sungai yang merupakan akses jalan menuju Desa Guo pada tanggal 18 Agustus 2020 yang lalu.

Peran serta masyarakat melalui Komunitas Peduli Sungai Guo, pemerintah daerah, dan perguruan tinggi menjadi kunci keberhasilan program dalam pengembangan desa serta pengelolaan Sungai Guo dan restorasi hulu DAS Guo.” jelasnya.

Apresiasi yang sama juga disampaikan oleh Ketua Komunitas Peduli Sungai Guo, Mikrizal, yang mengungkapkan kebanggaan dan semangatnya melihat perhatian serta komitmen kita bersama dalam menjaga dan merawat sungai sebagai sumber kehidupan.

Ia mengajak kita semua untuk meningkatkan kesadaran dan kerjasama dalam pengelolaan sumber daya air demi kelestarian lingkungan dan kesejahteraan masyarakat. Semoga melalui kegiatan ini, kita dapat merumuskan langkah-langkah konkret untuk melindungi dan mengelola sungai-sungai di daerah dari hulu hingga ke hilirnya dengan cara yang lebih baik.

Dr. Is Prima Nanda, selaku Dekan Fakultas Teknik Universitas Andalas, memberikan apresiasi penuh atas pelaksanaan kegiatan pengabdian yang di ketuai oleh Dr. Nurhamidah, M.T., M.Eng.Sc dan berharap kolaborasi lintas sektor yang telah terjalin dengan baik dalam program ini terus berlanjut.

Beliau menegaskan pentingnya sinergi antara masyarakat, pemerintah, dan akademisi untuk menciptakan pembangunan berkelanjutan yang tidak hanya memperbaiki infrastruktur desa, tetapi juga menjaga kelestarian ekosistem sungai untuk mencegah terjadinya bencana.

Dengan sinergi antara masyarakat, pemerintah, dan akademisi, program ini diharapkan dapat terus berkembang dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar DAS, serta diharapkan dapat membangun kesadaran kolektif untuk menjaga kebersihan dan kelestarian sungai serta mendorong pembangunan nagari yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. SSC/REL 

Iklan

BACA JUGA