Festival Merching Band akan Meriahkan HUT ke-79 RI

Selasa, 13/08/2024 18:07 WIB
BAND

BAND

Agam, sumbarsatu.com--Festival   Merching II akan memeriahkan Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-79. Festival itu sendiri akan digelar Kamis (15/8/2024), di GOR Padang Baru Lubuk Basung.

Menurut Kepala Sub PP Bagian Protokol Setda Agam, Windra Purnama, saat ini sudah ada 18 group dari berbagai sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), dan sekolah menengah atas (SMA) se-Kabupaten Agam yang sudah mendaftar dan tidak tertutup kemungkinan akan bertambah.

Dijelaskan, kegiatan itu di jadwalkan akan dimulai pukul 09.00 WIB di lapangan GOR Rang Agam. Namun, jika cuaca tidak mendukung, acara akan dipindahkan ke dalam gedung GOR.

Koordinator Acara Lomba Panitia Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 79, Handria Asmi menyampaikan, acara itu merupakan ajang bagi siswa-siswi untuk menunjukkan kreativitas dan kemampuan mereka dalam bidang seni dan musik.

Ia menjelaskan penilaian lomba itu dilakukan 4 orang juri, yang berasal dari anggota PDBI Kabupaten Agam.

Seluruh juri telah memiliki sertifikasi nasional, sehingga kualitas penjurian tidak diragukan lagi.

Aspek-aspek yang dinilai meliputi musik, visual, dan general effect, dengan durasi penampilan maksimal 140 menit.

Para pemenang lomba akan mempeproleh trophy dan uang pembinaan sebagai penghargaan atas usaha dan kerja keras mereka dalam mempersiapkan diri menghadapi kompetisi itu.

Ketua Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Kabupaten Agam, Ny Yenni Andri Warman, menyatakan dukungan penuhnya terhadap acara dimaksud.

Menurutnya, drum band bukan hanya sekedar ajang bermusik, tetapi juga melatih disiplin, kerja sama, dan kekompakan.

“Ini akan sangat membantu dalam membentuk karakter para peserta, maka dari itu saya berharap panitia dapat berkolabirasi dengan sebaik-baiknya dalam menyiapkan acara ini” ujarnya berharap. (MSM)

Iklan

BACA JUGA