Jum'at, 31/05/2024 18:17 WIB

Batu Besar Sisa Galodo Marapi Berhasil Dihancurkan

31052024-PELEDAKAN BATU SISA GALODO (1)

31052024-PELEDAKAN BATU SISA GALODO (1)

 

Agam, sumbarsatu.com-Batu besar sisa galodo Marapi berhasil dihancurkan (diledakan) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama Tim Gabungan, Jumat (31/5/2024), sekitar pukul 14.30 WIB.

Menurut Kepala Pelaksana (Kalaksa), Kolonel Inf Hery Setiono, peledakan dilakukan di Desa Kapalo Koto, Sungai Pua, Agam. Sebelumnya sudah dilakukan peninjauan dan pengeboran, serta reposisi batu yang rawan tersangkut atau merusak ke pemukiman warga.

Pekedakan dilakukan dengan penjagaan ketat dari TNI Polri. Warga  sebelumnya sudah diungsikan sementara.
Sejak dua hari lalu, juga sudah diberikan sosialisasi, dan lokasi disterilkan dengan radius 500 meter dari titik kegiatan.

Suara ledakan terdengar sampai 1 Km dari lokasi peledakan. Peledakan itu menghancurkan 3 buah batu besar, yang sebelumnya terletak di bekas aliran banjir lahar dingin Marapi.

“Peledakan itu berjalan sukses, tidak ada warga terkena imbasnya. Namun ada serpihan batu yang sempat mengenai satu atap rumah warga, jika harus diperbaiki akan dilakukan bersama Pemda Agam," ujar Komandan Kodim (Dandim) 0304 Agam, Letkol. Arm. Bayu Ardhithya Nugroho.

Dijelaskan, batu besar yang berhasil dihancurkan selanjutnya akan dievakuasi melalui metode breaker dan alat berat. Pemerintah Kecamatan Sungai Pua, mengatakan, dalam kegiatan itu sekitar 500 warga diungsikan, demi keselamatan merekadan  diungsikan, sebagian besar, ke gedung SD, ungkap Camat Sungai Pua, Susi Karmila. (MSM)

BACA JUGA