Hari Ini BKKBN Perwakilan Provinsi Sumbar Adakan Lokakarya Kepenulisan Artikel

-

Senin, 20/11/2023 23:29 WIB
Fatmawati, Kepala BKKBN Perwakilan Provinsi Sumatera Barat

Fatmawati, Kepala BKKBN Perwakilan Provinsi Sumatera Barat

 

Padang, sumbarsatu.com—Badan Kependudukn dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Sumatera Barat menggelar lokakarrya kepenulisan artikel untuk mahasiswa se-Sumatera Barat, Selasa 21 November 2023 di Padang.

Sebanyak 50 orang calon penulis antusias ikut dalam program kepenulisan bertema kesiapan pernikahan bagi calon pengantin (catin) guna untuk memperkuat  pembangunan keluarga Indonesia.

“Kita mengapresiasi respons dan antusias mahasiswa mengikuti kegiatan lolakarya kepenulisan tentang kesiapan, edukasi dan perluasan informasi, wawasan, pengetahuan terkait dengan kesiapan pernikahan. Dengan menulis artikel, tentu calon penulis akan membaca referensi tentang seluk-beluk pernikahan, dan ini akan memperkaya literasi mereka,” kata Fatmawati, Kepala BKKBN Perwakilan Provinsi Sumatera Barat, kepada sumbarsatu, Selasa 21 November 2023.

Dari lokarkarya ini, ia berhrapa tiumbuh kepedulian generasi muda tentang penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja, meningkatkan persepsi positif, kesehatan reproduksi, kesiapan akan informasi pentingnya  pengetahuan parenting dan pengelolaan keuangan keluarga dalam menyiapkan  perencanaan berkeluarga.

“Dengan menuangkan ke dalam karya tulis berupa artikel opini, esai, dan bentuk tulisan lainnya diharapkan mendorong pemahaman lebih lanjut terhadap pernikahan yang berkualitas,” papar Fatmawati.

Sementara itu, Lismomon Nata, Ketua Pokja Ketahanan Remaja BKKBN Sumatera Barat mengatakan, lokakarya kepenulisan ini diampu tiga orang narasumber yang berkompeten, yaitu Deddy Arsya (esais), Leli Perpisa (akademisi), dan Nasrul Azwar (jurnalis).

“Kita sangat termotivasi karena semangat dari mahasiswa untuk ikut dalam program ini. Sebanyak 50 orang ikut. Kita lakukan tahapan seleksi awal sebegai peserta. Dari tulisan-tulisan yang dihasilkan para calon-calon penulis ini, apa yang kita inginkan tumbuhnya keluarga-keluarga berkualitas akan tersosialisasikan lewat karya tulis mereka,” terang Lismomon Nata, yang juga penanggung jawab kegiatan lokakarya ini.

Ia menambahkan, masing-masing peserta sudah menyiapkan draf, gagasan atau kerangka awal apa yang akan ditulis berdasarkan bahan yang kita berikan. “Jadi saat lokakarya tinggal dikembangkan, dipertajam, dan difokuskan,” tambahnya.           

Lismomon Nata juga menyebutkan, tulisan-tulisan dari lokakarya ini akan dipilih 3 tulisan terbaik. “Tiga tulisan ini akan diseleksi lagi menjadi satu artikel yang akan dikirimkan untuk lomba penulisan artikel tingkat nasional. Jadi artikel itu sebagai perwakilan Sumatera Barat untuk ajang lomba nasional,” terang Lismomon Nata. “Dengan adanya lokakarya ini, Sumatera Barat meraih yang terbaik.”

Peserta berasal dari pelbagai kampus di Sumatera Barat: Unand, UNP, UBH, UIN Imam Bonjol Padang, Universitas PGRI Sumatera Barat, dan lainnya. SSC/MN

Iklan

BACA JUGA