Kebakaran Hutan Pinus Sudah Dapat Dikendalikan

LINGKUNGAN

Selasa, 11/10/2016 17:05 WIB
waduh-hutan-pinus-gunung-masigit-karembi-habis-terbakar

waduh-hutan-pinus-gunung-masigit-karembi-habis-terbakar

Baso, sumbarsatu.com- Kebakaran hutan pinus di kawasan perbukitan Mancuang, Nagari Padang Tarok, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam, sudah dapat dikendalikan walau belum padam.

"Pemadaman api yang melalap sekitar 10 hektare hutan pinus itu sudah berlangsung sejak Minggu (9/10/2016). Kebakaran diduga akibat kekeringan," kata Yulnasri, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Agam, Selasa (11/10/2016).

Upaya pemadaman api dilakukan 48 personil yang terdiri dari 17 orang Polhut Agam, 2 orang Petugas Pengamanan Hutan Berbasis Nagari (PPHBN), 5 orang Anggota Polsek Baso, 4 orang Satpol PP Agam, 15 orang petugas BPBD Agam, dan 5 orang dari BPBD Bukittinggi.

"Saat ini api belum bisa dipadamkan, namun titik api sudah dikendalikan dengan membuat batas serangan api," ujar Yulnasri.

Untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan sejak dini, Yulnasri mengimbau masyarakat, jangan membuka lahan dengan melakukan pembakaran. Warga yang sedang berburu, jangan membuang puntung rokok sembarangan di lokasi pemburuan. (MSM)

 

Iklan

BACA JUGA