Uda Obe Jo Golin Kundang Kisahkan Tentang WTBOS kepada Anak-anak

Senin, 19/08/2024 22:21 WIB

Padang, sumbarsatu.com--Ratusan anak-anak yang berasal dari berbagai sekolah di Kota Padang berkumpul di pelataran Museum Adityawarman, Minggu, 18 Agustus 2024.

Sedari pagi mereka mengikuti kegiatan yang digelar pada panggung seni Pamenan Anak 2024. Mulai dari senam bersama 500 siswa PAUD se Kota Padang, pertunjukan tari kreasi dari Sanggar Tari Indonesia dan SLB Hikmah Reformasi, pertunjukan musik dari grup Saandiko serta pertunjukan Ventrilokuisme oleh Uda Obe Jo Golin Kundang 

Ketika pertunjukan Ventrilokuisme, semua peserta duduk merapat secara tertib dan mendengarkan dongeng dari Uda Obe Jo Golin Kundang. Golin Kundang adalah boneka monyet berbulu panjang dan berwarna coklat. Obe menggendong Golin Kundang dan mulai bercerita.

“Kali ini kita akan bercerita tentang Bara, Kereta Api Mak Itam, dan Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto (WTBOS). Adik-adik apakah ada yang tahu dengan WTBOS?” tanya Obe. Serempak penonton berteriak tidak tahu.

Selama 20 menit Uda Obe Jo Golin Kundang berdongeng tentang WTBOS. Mereka menceritakan tentang pentingnya untuk merawat warisan dunia yang ada di Sumatera Barat. Tak satupun peserta bergeser dari tempat duduknya sampai cerita selesai. Semua memperhatikan dengan ceria dan sesekali tertawa sembari berusaha menggapai boneka Golin Kundang yang digendong Obe. 

Ventrikolisme merupakan seni menggunakan suara perut. Ventrikoquism populer tahun 1990-an yang sering kita kenal salah satunya Kak Ria Enes bersama boneka Suzan. Robby W. Riyodi a.k.a Obe merupakan satu-satunya ventrikoquism yang ada di Sumatera Barat. Obe memiliki beberapa boneka dan salah satunya bernama Golin Kundang.

Obe sendiri mulai menekuni ventrilokuisme sejak tahun 2019. Sebagai seorang penutur, Obe senang sekali dengan foklore. “Hampir setiap cerita yang saya tuturkan berasal dari adaptasi cerita rakyat, mite ataupun legenda. Nah cerita kali ini dibawa diadaptasi dari pengetahuan WTBOS,” jelas Obe. 

Obe bersama teman-teman pendongeng lainnya di Sumatera Barat menginisiasi ruang ekspresi dongeng yang bernama Mampir Dongeng. Selain itu, ia juga aktif menempa diri bersama penutur nusantara di Komunitas Ventrilokuis Indonesia.

“Pemilihan Golin Kundang sebagai boneka yang tampil tentu memiliki alasan. Sumatera Barat termasuk provinsi yang memiliki populasi monyet yang besar. Monyet-monyet tersebut memiliki habitat hidup di hutan, salah satunya di hutan yang terbentang jalur perkeretaapian zona B WTBOS di 7 kabupaten kota,” jelas Mahatma Muhammad, kurator Galanggang Arang.

Lanjut Mahatma, jika kita melewati jalan aspal dari Lembah Anai menuju Padangpanjang maka akan melihat banyak sekali monyet yang berkumpul di sekitar rel pada sisi kiri atau kanan jalan.

Penampilan Golin Kundang dan cerita soal WTBOS akan mengasosiasikan ingatan anak ke lokasi rel kereta dan kereta api yang mengangkut batubara. Lalu, dongeng adalah media yang relevan untuk menyampaikan pengetahuan itu kepada anak-anak. 

Mila, salah satu orang tua anak yang hadir memberikan apresiasinya.

“Pertunjukan ini mengingatkan saya saat masa kecil yang sering menonton Kak Ria dan Boneka Susan. Dongeng seperti ini jarang sekali kita temukan di Sumatera Barat. Jadi tidak hanya sekedar membuat keceriaan saja, tapi ada edukasinya juga,” ujarnya.

Ketua Pokja WTBOS Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek, Yayuk Sri Budi Rahayu pada pidato pembukaannya menyebutkan helatan ini bertujuan untuk memperkenalkan warisan dunia kepada anak tentunya dengan bahasa anak-anak.

“Sumatera Barat memiliki salah satu dari 10 warisan dunia yang ada di Indonesia. Dalam upaya merawat warisan dunia ini penting untuk sejak dini mengenalkan warisan tersebut kepada anak,” ujar Yayuk. SSC/LIKE

Iklan

BACA JUGA