Terpilih sebagai Ketua Forki Tanah Datar, Kamrita: Perempuan Juga Petarung

Sabtu, 19/10/2024 21:22 WIB

Padang, sumbarsatu.com—Kamrita baru saja terpilih sebagai ketua Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki) Kabupaten Tanah Datar. Acara pelantikan berlangsung auditorium UIN Muhammad Yunus Batu Sangkar, Sabtu (19/10/2024). 

Sebagai salah satu organisasi aliansi olahraga cabang bela diri karate di Indonesia, kepemimpinan Forki selama ini jarang dilirik oleh perempuan, walaupun anggotanya yang perempuan cukup banyak.

Inilah yang membuat anggota DPRD Kabupaten Tanah Datar itu merasa terpanggil untuk ikut membenahinya. Sebelumnya Forki Tanah Datar dipimpin oleh Dandim Letkol. Czisutrisno. ST.M.I.P

Terpilih secara aklamasi  pada Mucab Forki yang digelar di Dinas Parpora, Kamrita menjanjikan akan mempersiapkan para karateka muda dari daerahnya untuk tampil dan menjadi juara pada ivent daerah maupun nasional.

Selain itu, dengan kapasitasnya selaku anggota legislatif untuk periode ke dua di Tanah Datar, dia juga menjanjikan akan menyiapkan kantor untuk sekretariat.

“Program jangka pendek acara kejuaraan memperebutkan piala  Ketum Forki. Acara ini sekarang sedang berlangsung dan di ikuti lebih kurang 419 anak,” jelasnya kepada wartawan selepas acara pelantikan.

Kamrita bukan atlet karate atau mempunyai prestasi di bidang itu. Dia sebelumnya justru mengasuh dan mengelola sanggar silat. Namun karena melihat karate cukup diminati oleh anak-anak muda dan merasa ingin turut berpartisipasi merawat dan membesarkan Forki di Tanah Datar, maka peluang menjadi diambil.

“Ini juga untuk membuktikan kalau kita perempuan bisa memimpin. Perempuan harus kuat dan punya semangat sebagai petarung. Ini bukan persoalan apa yang dipimpin, tetapi soal seni bagaimana memimpinnya. Pertarungannya bukan menang kalah, tetapi bagaimana membuat organisasi ini terasa manfaatnya bagi masyarakat,” tegasnya.

Untuk itu politisi Partai Gerindra ini memohon saran dan masukan serta bimbingan  dari semua pihak, khususnya kepada  Forki provonsi, senior senior , pengurus lama, penasehat dan perguruan-perguruan yang ada di Tanah Datar.

“Insyaa allah kami akan berusaha  menjalankan dan melanjutkan  organisasi  Forki ini ke depanya  lebih baik lagi. Mohon dukungan dan doa,” ujarnya.

Acara pelantikan pengurus Forki Tanah Datar periode 2024-2028 tersebut merupakan bagian dari rangkaian kejuaraan karate memperebutkan piala Ketum Forki yang sudah berlangsung semenjak tanggal 18/10 lalu dan akan berakhir tanggal 20/10. Hadir pada saat pelantikan tersebut Pj Bupati, Ketua Forki Sumatra Barat, Forkopinda, utusan KONI dan utusan organisasi olahraga lainnya.

Dalam pidatonya pada saat pelantikan, Kamrita juga memesankan agar para karatedo yang berlaga dalam kejuaraan dimanapun untuk mengedepankan sikap sportifitas dengan cara menunjukkan kualitas, bukan ambisi untuk menang semata.

“Bagi saya yang penting itu sikap mental. Untuk itu, bagi anak anak yang ikut bertanding saya ingatkan  jagalah sportifitas dan tunjukan kualitas kita dalam bermain dalam mencapai kemenangan. Ini penting," ujar ibu karateka Tanah Datar yang bersuara lembut ini.SSC/Kabati



BACA JUGA