Jorong II Balai Ahad Nagari Lubuk Basung Gelar Alek Nagari Porbi

Minggu, 15/09/2024 18:13 WIB
15092024-PORBI (1)

15092024-PORBI (1)

Agam, sumbarsatu.com-Jorong II Balai Ahad, Nagari Lubuk Basung, Kecamatan Lubuk Basung, menggelar Alek Nagari Porbi, Minggu (15/9/2024), yang diikuti sekitar 1.000 orang, dari 150 kelompok dari berbagai daerah di Sumbar.

 Acara tersebut merupakan bagian dari kegiatan adat dan budaya masyarakat setempat, yang bertujuan untuk memperkuat tali silaturahmi antar warga, dan momentum penting dalam melestarikan adat istiadat Minangkabau, sekaligus memperkuat peran nagari sebagai pusat kearifan lokal.

Turut hadir kala itu Bupati Agam, diwakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) Kabupaten Agam, Handria Asmi, S.STP., M.Sc.

Pada kesempatan itu, bupati menyampaikan pemerintah daerah mendukung penuh kegiatan-kegiatan yang memperkuat nilai-nilai adat dan budaya.

Menurutnya, nagari adalah fondasi dari kebersamaan warga. Melalui kegiatan seperti itu warga bisa menjaga semangat gotong royong dan kebersamaan antar masyarakat.

Ia berharap, ke depan kegiatan serupa akan lebih besar lagi, terutama dalam mengendalikan hama penganggu tanaman perkebunan dan pertanian warga.

Sedangkan Tokoh Masyarakat Agam, Dr. (HC) Drs. H. Martias Wanto, MM. Dt. Maruhun menyebutkan, kegiatan itu luar biasa. Peran anak nagari dalam menjaga dan melestarikan budaya yang telah diwariskan dari generasi ke generasi,” ujarnya pantas diacungi jempol. (MSM)

Iklan

BACA JUGA