Jum'at, 23/08/2024 06:10 WIB

Ka Kwarcab Pasaman Barat Buka Kursus Orientasi Pramuka bagi Ka Mabigus

 
Pasbar, sumbarsatu.com--Wakil Bupati Pasaman Barat  Risnawanto selaku Ketua Kwartir Cabang (Ka Kwarcab) 0317 Gerakan Pramuka Pasaman Barat,  membuka Kursus Orientasi Pramuka bagi Ketua Majelis Pembimbing Gugusdepan (Ka Mabigus) SD dan SMP se-Kabupaten Pasaman Barat di Aula Kantor Bupati Pasaman Barat pada Rabu (21/8/2024).
 
Ka Kwarcab Risnawanto menekankan pentingnya kegiatan orientasi ini sebagai upaya memberikan pemahaman yang komprehensif kepada para Ka Mabigus, yang sebagian besar adalah kepala sekolah, tentang gerakan Pramuka. 
 
"Tujuan utama orientasi ini adalah untuk memberikan gambaran yang jelas kepada kakak-kakak Ka Mabigus mengenai gerakan Pramuka dan pendidikan kepramukaan, sehingga mereka dapat mengerti dan menjalankan peran mereka dengan lebih baik," ujar Risnawanto.
 
Ia mengharapkan setelah mengikuti orientasi ini, setiap gugusdepan yang berada di bawah binaan Ka Mabigus dapat lebih aktif dan berkembang. 
 
“Kepala sekolah harus memastikan bahwa pelaksanaan pembinaan Pramuka di sekolahnya berjalan sesuai dengan ketentuan," jelasnya.
 
Lebih lanjut, Risnawanto menegaskan bahwa para Ka Mabigus harus memastikan bahwa pembina Pramuka di gugusdepan mereka telah memenuhi kualifikasi sebagai pembina, yaitu minimal telah mengikuti Kursus Mahir Dasar.
 
“Ketika pembina kakak-kakak di gugusdepan belum menempuh kursus mahir dasar tadi. Maka bisa dipastikan materi pengetahuan yang disampaikan tidaklah akan seusai dengan program yang semestinya atau berdasarkan syarat kecakapan umum di masing-masing satuan," katanya.
 
Ia juga menekankan bahwa Ka Mabigus merupakan ujung tombak dan perpanjangan tangan pengurus Kwartir Cabang dalam menyampaikan informasi dan kebijakan kepada para pembina di gugusdepan masing-masing. 
 
"Atas dasar itulah, hari ini kita berkumpul dan berdiskusi bersama untuk membahas bagaimana agar Pramuka di Pasaman Barat ini ke depannya dapat lebih baik lagi," kata Risnawanto. SSC/NIR

BACA JUGA