Promosi Bunga Raflesia akan Diintensifkan

Sabtu, 03/08/2024 21:03 WIB
03082024-RAFLESIA

03082024-RAFLESIA

 

Agam, sumbarsatu.com- Potensi bunga rafflesia cukup banyak di Agam, ungkap Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Agam Dedi Asmar, Sabtu (3/8/024).

Menurutnya, keberadaan bunga Raflesia tersebar di beberapa kecamatan, seperti di Kecamatan Palupuah, Matur, Palembayan, dan lainnya.

Menyadari potensi demikian, Pemkab Agam, melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga akan melakukan promosi lebih gencar lagi ke dapannya, guna menarik kunjungan wisatawan lebih banyak lagi.

Disebukan bunga Raflesia yang ada di daerah itu, antara lain jenis arnoldii dan tuan-mudae.

Dengan promosi yang kian intensif, diyakini kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara akan semakin ramai ke Agam untuk melihat bunga tersebut dari dekat. Karena di negara mereka tidak ada bunga langka dan dilindungi itu, dengan usia mekar sekitar satu pekan.

Dijelaskan, pihaknya akan memromosikan keberadaan bunga dimaksud melalui media sosial, baliho, spanduk, dan melalui pemberitaan dari para wartawan.

Di samping itu, pihaknya juga akan menggandeng organisasi perangkat daerah lainnya, kelompok wisata, pengusaha, dan pihak lainnya untuk mengekspos potensi tersebut.

Ia mengakui, selama ini pihaknya kurang mengekspos potensi tersebut, sehingga yang dikenal hanya bunga rafflesia di Kecamatan Palupuh.

“Selama ini wisatawan mancanegara mengetahui bunga rafflesia hanya di Batang Palupuh, Kecamatan Palupuh.

Lokasi itu sering dikunjungi wisatawan mancanegara baik dari Asia, Eropa, Amerika dan lainnya,” akunya.

Di lokasi wisatawan mancanegara disuguhi minuman kopi luwak. Dedi Asmar meyakini, dengan banyaknya kunjungan wisatawan, akan berdampak terhadap ekonomi masyarakat sekitar. (MSM)

Iklan

BACA JUGA