Investasi Pendidikan

Jum'at, 02/08/2024 16:43 WIB
siva

siva

OLEH Shilva Lioni (Dosen Jurusan Sastra Inggris FIB Unand)

 

Education is the most powerful weapon which you can use to change the world” (Nelson Mandela)

Pendidikan adalah sebuah investasi. Layaknya sebuah investasi pada umumnya, semakin besar kita menaruh atensi dan modal dalam pendidikan tentu akan mendatangkan buah manis di masa depan.

Berbicara mengenai sebuah investasi berarti berbicara mengenai dampak jangka panjang dari sebuah aksi. Menariknya berbeda dengan investasi pada umumya yang hanya mampu memberikan keuntungan jangka panjang bagi si penanam modal, investasi dalam dunia pendidikan pada dasarnya dapat mendatangkan keuntungan yang dapat dinikmati oleh semua pihak bahkan menjangkau level terjauh sekalipun seperti kehidupan tata masyarakat serta kemajuan dari sebuah negara sebagaimana disebutkan oleh Jusuf Kalla dalam kutipannya yang mengatakan “Tidak akan ada suatu negara maju tanpa sebuah pendidikan yang benar.”

Pendidikan merupakan ujung tombak peradaban, juru kunci kesejahteraan. Banyak orang meyakini pendidikan sebagai sebuah bekal untuk menjalani kehidupan yang dengannya dan bersamanya kualitas hidup dapat menjadi jauh lebih baik.

Lebih lanjut bukan hanya sebagai sebuah persiapan untuk hidup, pendidikan merupakan hidup itu sendiri. Sebagai analogi kita bisa mengilustrasikan bagaimana mungkin kehidupan yang baik, tertib, dengan angka kriminalitas rendah dapat lahir dan tercipta tanpa masyarakat serupa yakni yang baik, tertib, dan berpengetahuan.

Berbicara mengenai investasi dalam pendidikan, pada dasarnya kita tidak hanya berbicara tentang peserta didik, sarana-prasarana yang baik dan layak, namun juga pendidik yang baik. Seorang pendidik seharusnya menjadi fokus utama dalam menciptakan pendidikan yang baik dan benar.

Seorang pendidik merupakan ujung tombak penggerak untuk membawa kearah mana pendidikan tersebut akan dibawa yakni apakah akan dibawa maju atau mundur karena bagaimana bisa seorang peserta didik dapat tumbuh menjadi pribadi yang baik, berwawasan yang luas, beretika baik, dan cerdas tanpa kehadiran seorang guru yang memiliki pribadi yang baik, berwawasan yang luas, dan cerdas.

Dengan demikian, menjadi layak bagi kita untuk kemudian mengatakan bahwasanya investasi pendidikan terbaik adalah investasi yang dilakukan kepada para pendidik.              

Pendidik adalah tonggak, penyalur informasi, pemberi informasi, dan teladan dalam berperilaku. Jika baik pendidiknya, maka akan baik juga peserta didiknya. Investasi yang tepat pada seorang pendidik, buah hasil nya akan dinikmati oleh banyak pihak terutama yakni peserta didik itu sendiri. Berinvestasi pada seorang pendidik maka akan sama artinya dengan berinvestasi pada puluhan orang peserta didik.

Pendidikan adalah fondasi penting bagi setiap negara. Berbicara mengenai pentingnya pendidikan, pendidikan bukan hanya sekedar tentang belajar membaca, menulis, atau menghitung. Lebih dari itu, pendidikan merupakan sebuah media dalam membentuk karakter, mengembangkan keterampilan, dan mendorong pemikiran kritis untuk membangun dan melahirkan seorang individu yang mampu berkontribusi dan berkompetisi ditengah-tengah masyarakat kelak.

Lebih dari sekadar sebuah proses tempat bertransfer ilmu pengetahuan, pendidikan berperan penting dalam menanamkan nilai-nilai moral, kemanusiaan, dan kebangsaan. Generasi muda yang dididik dengan baik oleh pendidik yang baik akan dapat menjadi agen perubahan yang membawa kemajuan di berbagai bidang di masa mendatang demi tata sosial Negara yang lebih baik, mulai dari ekonomi, sosial, hingga budaya.

Investasi yang tepat dalam pendidikan pada dasarnya memainkan peranan penting dalam menciptakan peluang dan membuka pintu menuju masa depan bangsa yang lebih baik. Sebagai contoh pada kasus ketika seorang anak mendapatkan pendidikan yang baik, maka secara tidak lansung ia juga akan memiliki akses ke pengetahuan dan keterampilan yang lebih baik yang mana hal ini akan dapat membantu mereka dalam mendapatkan pekerjaan yang layak, membangun karier yang sukses, berkontribusi lebih kepada masyarakat, dan membangun bangsa.

 

Selain itu, generasi muda yang mendapatkan pendidikan yang baik cenderung memiliki nilai-nilai moral yang kuat, seperti integritas, rasa tanggung jawab, pemahaman yang mumpuni terkait mana yang benar dan salah, serta memiliki rasa hormat kepada orang lain. Mereka lebih mungkin untuk menjadi warga negara yang baik dan menjadi pemimpin yang baik kelak di masa depan karena pada dasarnya pendidikan bukan hanya tentang akademik, namun juga termasuk tentang mengembangkan karakter dan etika.

Sejatinya, tidak ada sebuah kekuatan yang lebih besar dalam membangun kehidupan ini melainkan dengan dan melalui pendidikan. Pendidikan bagaikan obor yang dapat menerangi jalan kemajuan bangsa.

Dengan memberikan investasi terbaik bagi pendidik-pendidik bangsa melalui pengembangan diri dan pemberian skill serta hak yang mumpuni, maka pendidikan yang berkualitas kepada generasi muda akan dengan mudah dapat dicapai.

Berinvestasi dalam pendidikan ibarat sebuah proses sedang menanam benih-benih kemajuan yang akan membawa bangsa Indonesia menuju masa depan yang lebih gemilang karena sejatinya pendidikan adalah kunci kemajuan bangsa. Salam pendidikan!***

Iklan

BACA JUGA