Nagari Sisawah Masuk 100 Anugerah Desa Wisata 2024

Minggu, 26/05/2024 22:45 WIB

Sijunjung, sumbarsatu.com--Nagari Sisawah, Kecamatan Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung masuk 100 besar dalam Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2024 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Hal itu diumumkan langsung oleh Kemenparekraf melalui akun media sosial official ADWI @anugerahdesawisataindonesia.

Dalam pelaksanaan ADWI 2024 ini mengambil tema Desa Wisata Menuju Pariwisata Hijau Berkelas Dunia. Ada beberapa kategori penilaian yang harus dipenuhi peserta di antaranya daya tarik, amenitas, digital, kelembagaan, dan SDM serta pengelolaan berkelanjutan.

Setiap desa wisata juga harus memiliki kemampuan pengelolaan berkelanjutan, ekonomi berkelanjutan, keberlanjutan budaya dan aspek lingkungan serta wajib menyediakan informasi potensi wisatanya, atraksi, paket wisata, dan lainnya.

ADWI 2024 ini terbagi dalam 7 kategori yaitu Desa Wisata Rintisan, Desa Wisata Berkembang, Desa Wisata Maju, Desa Wisata Mandiri, Desa Wisata Kreatif, dan Desa Wisata Berkelanjutan.

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan ADWI 2024 bertujuan untuk mendorong pengembangan desa wisata di Indonesia, meningkatkan daya saing desa wisata, dan menjadikan desa wisata sebagai lokomotif ekonomi kreatif di pedesaan.

"ADWI ini bukan hanya kompetisi, tapi juga pembinaan. Kita ingin desa wisata di Indonesia menjadi desa wisata yang berkualitas, berkelanjutan, dan berdaya saing," ujarnya beberapa waktu lalu.

Kompetisi ADWI 2024 ini diikuti  6.010 desa wisata. Kemudian dipilih 100 besar. Kemudian diumumkan menjadi 50 besar. Dari Sumatra Barat terpilih sembilan desa wisata yang masuk 100 besar ADWI tersebut yaitu:

  1. Desa Wisata Sungai Nyalo (Pesisir Selatan)
  2. Desa Wisata Ekowisata Berbasis PRB Nagari Amping Parak (Pesisir Selatan)
  3. Desa Wisata Danau Diateh - Alahan Panjang (Kabupaten Solok)
  4. Desa Wisata Sisawah (Sijunjung)
  5. Desa Wisata Sintuak (Padang Pariaman)
  6. Desa Wisata Simarasok (Agam)
  7. Desa Wisata Pesona Pagadih (Agam)
  8. Desa Wisata Nagari Wisata Kapalo Banda Taram (Limapuluh Kota)
  9. Desa Wisata Teluk Buo

Sembilan desa wisata itu akan diseleksi jadi 50 besar ADWI 2024. SSC/Thendra

 

Iklan

BACA JUGA