Wagub Minta Ikan Sakti Sungai Janiah Didaftarkan Masuk ADWI

Minggu, 17/03/2024 16:17 WIB
17032024-SUNGAI JANIAH (1)

17032024-SUNGAI JANIAH (1)

Agam, sumbarsatu.com-Wagub Sumbar, Audy Joinaldi, meminta ikan sakti Sungai Janiah, Kecamatan Baso itu, didaftarkan masuk Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun ini.

Permintaan itu disampaikannya ketika mengunjungi Sungai Janiah dalam kegiatan Safari Ramadan Pemprov Sumbar ke sana, Sabtu (16/3/2024).

Wagub mengaku kunjungan tersebut merupakan yang pertamanya ke Sungai Janiah, Nagari Tabek Panjang, Kecamatan Baso.

Kunjungan dilakukan di sela kegiatan safarinya ke Masjid Darul Amal Sungai Janiah Nagari Tabek Panjang, Kecamatan Baso, Sabtu (16/3/2024).

“Ini kunjungan perdana bagi saya ke Sungai Janiah, bahkan sangat penasaran dengan ikan saktinya.” ujar.

Saking penasarannya, Wagub beserta rombongan dan warga sekitar, standby di kolam hingga waktu berbuka puasa tiba.

Menurutnya, ini bisa menjadi objek wisata andalan di Kecamatan Baso, karena juga ada cerita asal usulnya. Ini peluang besar yang dapat dikembangkan. Sungai Janiah terkenal dengan ikan saktinya, yang menjadi daya tarik bagi masyarakat berkunjung ke sana.

 “Daftarkan ini masuk Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun ini. Karena lingkungannya juga sangat mendukung dijadikan Desa Wisata,” ujarnya pula.

Meski hanya Desa Wisata untuk tingkat nagari, tapi Sungai Janiah menjadi sentranya. Lingkungannya sangat mendukung, di mana terdapat banyak rumah tua dan masih terawat dengan baik.

Ini menjadi salah satu acuan untuk menjadi Desa Wisata. Budaya ada, ciri khas ada, dan lingkungannya mendukung peluang masuk ADWI.

Sebelumnya, Kaba Ikan Sakti Sungai Janiah telah ditetapkan Pemerintah Pusat sebagai Warisan Budaya Tak benda (WBTb) pada 2022. (MSM)

Iklan

BACA JUGA