Senin, 27/07/2020 19:13 WIB

BPBD Agam Dapat Bantuan Alat Deteksi Gempa Dari BMKG Padang Panjang

BPBD Kabupaten Agam menerima bantuan alat pendeteksi gempa bumi, atau Warning Receiver System New Generation, dari BMKG Padang Panjang, Senin (27/7/2020).

BPBD Kabupaten Agam menerima bantuan alat pendeteksi gempa bumi, atau Warning Receiver System New Generation, dari BMKG Padang Panjang, Senin (27/7/2020).

Agam, sumbarsatu.com-BPBD Kabupaten Agam menerima bantuan alat pendeteksi gempa bumi, atau Warning Receiver System New Generation, dari BMKG Padang Panjang, Senin (27/7/2020).

Alat itu diserahkan Kasi Observasi BMKG Padang Panjang, Fajar Dwi Prasetyo, kepada Kalak BPBD Agam, diwakili Kabid KL Syafrizal, di Mako BPBD Agam,

Syafrizal menyebutkan, bantuan tersebut hasil kerja sama BPBD Agam dengan BMKG. Alat ini hanya diperuntukkan bagi daerah rawan bencana.

“Agam mendapatkan peralatan ini, karena termasuk salah satu daerah rawan bencana di Sumatera Barat. Alat itu dipasang di kantor BPBD Agam,” ujarnya.

Alat itu sebagai wadah untuk penyebarluasan informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami. Informasi diberikan lebih cepat, karena peralatan bersifat real time dari BMKG.

Menurut pihak BMKG, peralatan ini akan mendeteksi gempa bumi yang berkekuatan 5 skala richter ke atas, bahkan langsung dapat diketahui apakah gempa berpotensi tsunami atau tidak.

“Melalui peralatan ini kita berharap tidak ada keresahan masyarakat tentang banyaknya informasi simpang siur apabila terjadi gempa bumi,” ujarnya pula.

Untuk mengoperasikan peralatan ini, BPBD Agam memberikan pelatihan kepada 8 personil dari 2 regu, yang berasal dari satgas TRC-PB, 4 orang, dan Pusdal Ops 4 orang. Mereka akan dipandu langsung Kasi Observasi BMKG Padang Panjang, Fajar Dwi Prasetyo. (MSM)

BACA JUGA