Kamis, 19/09/2024 14:11 WIB

Pasbar Religius, Bupati Hamsuardi Wisuda 1.333 Hafiz dan Hafizah

PASAMAN

PASAMAN

 
Pasbar, sumbarsatu.com--Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat,  mewisuda sebanyak 1.333 Hafidz dan Hafidzah Program Tahfidz Al-Qur'an tingkat SD dan SMP se-Pasaman Barat, di Balerong Pusako Anak Nagari, Rabu (18/9/2024).
 
Wisuda yang ditandai dengan pemberian piagam penghargaan tersebut, dimulai dengan pawai bersama dari Masjid Agung Baitul Ilmi Simpang Empat,  dilepas oleh Bupati Hamsuardi, didampingi oleh Wakil Bupati Risnawanto, Asisten III Raf'an, Kepala Dinas Pendidikan Adrianto, Kepala Dinas Kominfo Armen, dan stakeholder terkait lainnya.
 
Bupati Hamsuardi, dalam sambutannya mengapresiasi serta mengungkapkan rasa bangga dan bahagianya atas terlaksananya Wisuda Tahfidz tingkat SD dan SMP se-Kabupaten Pasaman Barat.
 
Ia mendoakan para hafidz dan hafidzah kelak dapat membawa orang tua mereka ke surga Allah SWT. Pencanangan program Tahfidz Al-Qur'an yang dituangkan dalam RPJMD, lanjutnya, telah membuahkan hasil yang nyata.
 
"Kepada seluruh masyarakat Pasbar, mari kita terus jalankan program ini, sebab ini bukan hanya program Pemda, melainkan program semua masyarakat Pasbar. Program ini merupakan upaya dalam mewujudkan Pasbar yang Baldatun Thayyibatun Warrabun Ghafur. Selain mengharapkan surga Allah SWT, mendekatkan diri dengan Al-Qur'an akan menjauhkan generasi muda kita dari hal-hal negatif seperti pengaruh buruk lingkungan, narkoba, judi, dan lainnya," ucap Bupati Hamsuardi.
 
Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Pasbar, Rali Tasman, mengucapkan selamat berbahagia kepada seluruh masyarakat Pasbar. Dengan adanya wisuda akbar ini, ungkapnya, telah menggambarkan bentuk nyata mengagungkan Al-Qur'an. Ia berharap anak-anak Pasbar dapat meningkatkan hafalan Al-Qur'an hingga menyelamatkan warga Pasbar di akhirat kelak.
 
Panitia Pelaksana Kepala Dinas Pendidikan Pasbar, Adrianto, melaporkan bahwa Wisuda Akbar tingkat SD dan SMP se-Pasbar tersebut diikuti oleh sebanyak 1.333 orang dengan rincian: 1 juz 1.151 orang, 2 juz 119 orang, 3 juz 36 orang, 4 juz 20 orang, 5 juz 3 orang, 6 juz 1 orang, 9 juz 1 orang, dan yang paling tinggi 10 juz berasal dari hafidz asal SMP IT Nurul Quran Koto Balingka dan SMP IT Darul Khairot Kinali.
 
"Inilah kali pertama wisuda akbar yang dilakukan di tingkat Kabupaten Pasaman Barat. Kami berharap wisuda akbar ini terus dilanjutkan untuk memberikan motivasi kepada anak-anak. Anak-anak yang ada di sini merupakan hasil program unggulan Tahfidz Al-Qur'an melalui kepemimpinan Bupati Hamsuardi dan Wakil Bupati Risnawanto. Mudah-mudahan mereka terus menghafal Al-Qur'an, untuk mencapai Pasbar yang damai dan religius," ungkapnya.
 
 Adrianto menambahkan, selain wisuda akbar, kegiatan juga diisi dengan pemberian penghargaan kepada tokoh pendidikan yang berjasa mendirikan pendidikan di Pasbar, baik dari tingkat SD, SMP, SMK, MTS, Perguruan Tinggi, hingga Aisyiah dan Muhammadiyah. 
 
Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian mushaf Al-Qur'an kepada hafidz dan hafidzah serta pencanangan Pasbar sebagai Kabupaten Santri, yang ditandai dengan pemukulan tabuh oleh Bupati Hamsuardi, Kakankemenag, Kadis Pendidikan, dan tokoh masyarakat, serta rangkaian agenda lainnya. SSC/NIR

BACA JUGA