Jum'at, 13/09/2024 22:24 WIB

Agam Kaya dengan Sumber Daya Alam

Bupati Agam

Bupati Agam

Agam, sumbarsatu.com-Agam memiliki potensi sumber daya alam yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat, ungkap Bupati Agam, H. Andri Warman, Jumat (13/9/2024) di Lubuk Basung.

Sumber daya alam itu antara lain sektor pariwisata, pertanian perkebunan, perikanan, pendidikan, industri, serta jasa lainnya yang dapat digarap dan bernilai jual tinggi.

Apabila potensi itu tergarap, dampaknya sangat besar bagi masyarakat, baik segi perekonomian, penyerapan tenaga kerja, maupun pendapatan daerah.

Bagi investor yang akan menanamkan modalnya didaerah itu, Pemkab Agam akan memberikan fasilitas dan kemudahan. Seperti kemudahan pelayanan perizinan, sebagaimana diamanatkan PP nomor 5 tahun 2021, tentang

Ia mengatakan fasilitas dimaksud seperti kemudahan dalam pelayanan perizinan sebagaimana diamanatkan PP Nomor 5 tahun 2021, tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko, Pemberian Insentif Berupa Pengurangan Pajak Daerah, Serta Tersedianya Tenaga Kerja Terampil.

Dalam pengurusan perizinan pelaku usaha sudah difasilitasi dengan aplikasi OSS-RBA, yang telah digunakan sejak awal Agustus 2021, dan bisa diakses sendiri oleh pelaku usaha.

Pelaku usaha di Agam diharapkan dapat menggandeng UMKM dalam melakukan usahanya, yang jumlahnya mencapai belasan ribu, dan bergerak di berbagai sektor.

Dengan cara demikian diyakini usaha mikro dan kecil dapat berkembang menjadi usaha menengah dan lebih besar, sehingga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (MSM)

BACA JUGA