Kamis, 19/09/2024 20:07 WIB

Saber Pungli Padang Panjang ke Payakumbuh

pa

pa

Payakumbuh, sumbarsatu.com — Upaya peningkatan kinerja UPP Saber Pungli (Unit Pemberantasan Pungli Sapu Bersih Pungutan Liar) dan sebagai bahan komparasi dalam rangka peningkatan kualitas Tim Satgas (satuan tugas) Saber Pungli Kota Padang Panjang melaksanakan kaji tiru (studi komparatif) ke UPP Saber Pungli Kota Payakumbuh, Kamis (19/9-24).
 
Kedatangan rombongan yang berjumlah lebih kurang sebanyak 15 orang dari Satgas Saber Pungli Kota Padang Panjang itu disambut langsung ketua UPP Satgas Saber Pungli Kota Payakumbuh, Kompol Russirwan di posko UPP Satgas Saber Pungli Kota Payakumbuh, lantai I kantor Wali Kota Payakumbuh.
 
Awali penyampaiannya, ketua Satgas Saber Pungli Kota Padang Panjang, Kompol Eridal mengatakan, maksud dan tujuan dari kunjungan selain untuk bersilaturahim serta bertukar pengalaman, juga untuk menimba ilmu atas kiat-kiat maupun langkah penanganan efektif dari pemberantasan pungli di masing-masing wilayah  agar dapat di adopsi antara satu sama lain.
“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Satgas Saber Pungli Kota Payakumbuh yang telah meluangkan waktunya bertemu dengan kami. Maksud kedatangan kami kemari tidak lain adalah untuk melakukan ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Kami harap inovasi yang telah dilakukan oleh jajaran di Kota Payakumbuh bisa kami implementasikan juga di Kota Padang Panjang,” ujarnya.
 
Sementara itu, Ketua Satgas UPP Saber Pungli Kota Payakumbuh Kompol Russirwan yang turut didampingi kepala Inspekotrat Kota Payakumbuh, Andri Narwan memaparkan selayang pandang Satgas Saber Pungli Kota Payakumbuh yang termasuk di dalamnya mengenai struktur organisasi serta berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan baik itu kegiatan pencegahan maupun penindakan.
 
“Beberapa kegiatan kita salah satunya yakni pencegahan, terlebih seperti saat ini menjelang hari raya, kita memasang banner imbauan bilamana ada pungli terhadap THR, segera laporkan ke Satgas Saber Pungli,” ujarnya.
 
Turut diungkapkan Russirwan, UPP Satgas Saber Pungli Kota Payakumbuh sebelumnya telah menjadi salah satu tujuan atas acuan bagi UPP Satgas Saber Pungli di wilayah Sumatra Barat.
 
“Alhamdulilah, di tahun yang lalu bapak Irwasum Polri hadir langsung ke kota Payakumbuh untuk meninjau langsung UPP Satgas Saber Pungli Kota Payakumbuh,” ujarnya sumringah.
 
Lebih lanjut, Russirwan juga bersyukur atas UPP Satgas Saber Pungli Kota Payakumbuh mendapat dukungan penuh dari Wali Kota Payakumbuh serta stakeholder lain.
 
“Terbukti, anggota yang tergabung dalam satuan tugas tersebut tidak hanya dari kepolisian melainkan juga dari kejaksaan serta instansi terkait di lingkungan Pemko Payakumbuh dengan satu visi yakni memberantas pungli di Kota Payakumbuh,” imbuhnya.
 
Sementara itu kepala Inspektorat, Andri Narwan turut sampaikan rasa syukurnya atas kunjungan dari tim UPP Satgas Saber Pungli Kota Padang Panjang.
 
“InshaaAlloh kunjungan ini akan dapat membawa hal-hal yang sangat baik satu sama lain, sehingga UPP Satgas Saber Pungli dari masing wilayah dapat semakin berkembang dan maju lagi,” katanya.-(IMA)
 
 

BACA JUGA