Rabu, 18/09/2024 05:37 WIB

Bupati Hamsuardi: Pasbar Dapat DBH Sawit untuk Pembangunan

OKE

OKE

 
Pasbar, sumbarsatu.com--Dinas Perkebunan dan Peternakan menggelar Pertemuan Penyusunan Dokumen Rencana Aksi Daerah (RAD) Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan (KSB) Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2024–2029, Selasa (17/9/2024) di Hotel Gucchi, Simpang Empat. 
 
Pertemuan dibuka secara resmi oleh Bupati Pasbar Hamsuardi, didampingi stakeholder terkait. Bupati Hamsuardi dalam arahannya berharap peserta pembentukan tim penyusunan RAD-KSB yang hadir dapat mengikuti kegiatan dengan saksama. 
 
Ia menyebutkan, selama dua tahun terakhir, Pasbar memperoleh Dana Bagi Hasil (DBH) sawit yang digunakan dalam percepatan pembangunan di segala bidang, baik untuk menunjang sektor perkebunan, pendidikan, kesehatan, akses jalan, maupun bidang sosial lainnya.
 
“Upaya memperoleh DBH ini tidaklah mudah, kita telah melalui proses yang cukup panjang. Kita pernah menemui langsung Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Bapak Luhut Pandjaitan, untuk berdiskusi terkait masa depan kelapa sawit di Indonesia. DBH yang kita peroleh harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, baik untuk pembangunan akses jalan, perkebunan, BPJS Ketenagakerjaan, dan lain sebagainya,” jelas Bupati Hamsuardi.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Pasbar, Roni Hendri Eka Putra, melaporkan bahwa penyusunan dokumen RAD-KSB Tahun 2024–2029 meliputi lima tahap pertemuan. Di antaranya pembentukan tim penyusun, identifikasi program dan kegiatan, perumusan rencana aksi, konsultasi, serta penetapan rencana aksi.
 
“Hasil yang ingin dicapai pada penyusunan dokumen RAD-KSB ini adalah sebuah dokumen Peraturan Bupati Pasbar tentang RAD yang akan diterapkan melalui kebijakan daerah untuk mendukung pencapaian pembangunan perkebunan kelapa sawit berkelanjutan di Indonesia, khususnya di Pasbar. Peserta acara berjumlah 68 orang, dan narasumber meliputi Kepala Bidang Penyuluhan, Pengolahan, dan Pemasaran Dinas Perkebunan dan Peternakan Pasbar,” jelasnya.
 
Di akhir sambutannya, ia mengucapkan terima kasih kepada Bupati Hamsuardi beserta jajaran yang telah berupaya mendapatkan DBH melalui AKAPSI bersama bupati se-Indonesia. Atas usaha yang dilakukan, Pemkab Pasbar memperoleh DBH kelapa sawit selama dua tahun berturut-turut, dan untuk tahun ini jumlahnya lebih kurang Rp20 miliar yang sudah didistribusikan ke UPT masing-masing.SSC/NIR

BACA JUGA