Selasa, 10/09/2024 20:18 WIB

Tim Penggerak PKK Mengikuti Bimtek

bimtek

bimtek

 
Payakumbuh, sumbarsatu.com—Tim Penggerak Pemberdayaan kesejahteraan Keluarga (TP- PKK) se-Kota Payakumbuh mengikuti Pembinaan/Bimbingan Teknis dari TP PKK Provinsi Sumatera Barat di Aula Ngalau Lt 3 Balai Kota Payakumbuh, Selasa (10/9-24).
 
Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Wakil Ketua TP-PKK Provinsi Sumatera Barat Ny. Fitria Amalia Audy dan turut dihadiri oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh diwakili Asisten I Dafrul Pasi, Pj Ketua TP-PKK Payakumbuh Ny. Elfriza Rida beserta jajaran, dan pimpinan OPD se Kota Payakumbuh.  
 
Dalam sambutannya, Asisten I Dafrul Pasi menyampaikan Pemko Payakumbuh  mengucapkan terima kasih dan sangat menyambut baik kegiatan tersebut.
 
"Pembinaan atau Bimtek ini merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kinerja TP-PKK Payakumbuh. Bukan tanpa sebab, 10 program pokok PKK mencakup seluruh lini kehidupan masyarakat terutama program nasional seperti stunting, inflasi, dan kemiskinan ekstrem," ujarnya.
 
Oleh karena itu, sambung Dafrul, apabila 10 program pokok PKK sudah membudaya, maka PKK dapat menjadi pilar yang kokoh.
 
"TP-PKK Payakumbuh telah banyak bersinergi dengan perangkat daerah terkait pembinaan karakter, pendidikan dan ekonomi, penguatan ketahanan, serta kesehatan keluarga dan lingkungan," ungkapnya.
 
Dikatakannya, salah satu hasil yang dapat dilihat adalah banyaknya penghargaan yang diterima oleh Payakumbuh dalam beberapa kurun waktu terakhir.
 
"Per Juli 2024 kasus stunting di Payakumbuh turun menjadi 190 kasus, keberhasilan menurunkan angka stunting ini juga menghantarkan kita sebagai penerima dana insentif fiskal sebesar 5,58 milyar beberapa waktu lalu," bebernya lagi.
 
Tak hanya itu, Kota Payakumbuh menjadi yang terbaik dari 19 Kab/Kota di Provinsi Sumatra Barat melalui penghargaan Indeks Pembangunan Keluarga (iBangga) dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) se Nasional. 
 
"Karena vitalnya peran PKK tersebut, Pemko berkomitmen untuk terus mendukung kegiatan PKK baik secara moril maupun materil. Besar harapan kami TP-PKK Payakumbuh dapat terus berkolaborasi untuk kesejahteraan masyarakat," katanya.
 
Melalui bimtek ini, Wakil Ketua TP-PKK Provinsi Sumbar Ny. Fitria Amalia Audy berharap PKK dapat menyosialisasikan, mengedukasi masyarakat supaya paham tentang pstunti PKK termasuk bagaimana mencegah stunting, kemiskinan ekstrem, dan inflasi.
 
"Tadi saya mendengar Payakumbuh sukses menyabet penghargaan Insentif Fiskal dan iBangga, luar biasa, saya yakin hal ini tentu tak terlepas dari kontribusi PKK," tuturnya bangga.
 
Dirinya berharap semoga setiap program unggulan yang telah dirancang TP-PKK Payakumbuh dapat dilaksanakan dengan baik dan semestinya. Sehingga dapat memberikan dampak positif baik bagi pemerintah maupun masyarakat.
 
"Saya berharap TP-PKK Kota Payakumbuh nantinya melakukan pembinaan ulang secara berjenjang kepada PKK Kecamatan, Kelurahan, RT/RW, hingga kelompok dasa wisma, sehingga pemahaman tentang PKK ini akan merata di Sumbar," tutupnya.-(IMA)
 
 
 

BACA JUGA