Inilah Rekam Jejak Sukses Hendri Septa Realisasikan 11 Program Unggulan Kota Padang

JADI PEMIMPIN BUKAN KARENA UANG

Sabtu, 07/09/2024 12:19 WIB
Hendri Septa-Hidayat calon Wali Kota-Wakil Wali Kota Padang

Hendri Septa-Hidayat calon Wali Kota-Wakil Wali Kota Padang

Padang, sumbarsatu.com—Dalam rencana  strategis pembangunan Kota Padang 2019-2024, disusun 11  program unggulan yang merupakan pengejawantahan dari visi mewujudkan masyarakat kota Padang yang madani  berbasis pendidikan, perdagangan dan pariwisata  unggulan serta berdaya saing.

Wali Kota Padang Hendri Septa (2021-2024), dalam bincang-bincang mengungkapkan bahwa realisasi capaian program unggulan Pemerintah Kota Padang yang tertuang dalam RPJMD Kota Padang tahun 2019-2024 melebihi  target yang telah ditetapkan, yaitu per Oktober 2023 sudah mencapai 105,84 persen.

Hendri Septa mengatakan, 11 dari 11 program unggulan yang dijanjikan kepada masyarakat, 3 di antaranya sudah melebihi target di atas 100 persen, yakni betonisasi jalan lingkungan, penyediaan rumah bersubsidi, revitalisasi sarana olahraga tingkat RT/RW, serta pembangunan  gedung Bagindo Aziz Chan Youth Center.

"Untuk betonisasi jalan lingkungan, pengaspalan dan pelebaran jalan serta perbaikan drainase dan pengendalian banjir terpadu, tercapai melebihi target yakni sebesar 244,97 persen," kata Hendri Septa, Sabtu, 7 Setember 2024.

Hendri Septa Wali Kota Padang (2021-2024) meninjau pelaksanaan betonisasi dan perbaikan drainase

Hendri Septa menjelaskan, selain betonisasi, program  unggulan lainnya yang mencapai target realisasinya adalah melanjutkan penyelenggaraan Pesantren  Ramadan, kegiatan keagamaan, seni budaya dan sarana olahraga berkualitas sudah tercapai 100 persen.

“Program unggulan melanjutkan penataan angkutan umum dengan 6 koridor Trans Padang serta melakukan manajemen dan rekayasa lalu lintas untuk memperlancar pergerakan orang dan barang sudah tercapai 100 persen. Jadi, sekarang ini, moda transportasi Trans Padang sudah mampu melayani seluruh penjuru Kota Padang dengan 6 koridor,” urai Hendri Septa.

Sementara untuk program unggulan mendorong penyediaan rumah bersubsidi bagi masyarakat berpenghasilan rendah tercapai melebihi target, yakni sebesar 152,10 persen. Demikian juga dengan kampung  tematik.

Dalam pencatatan yang dilakukan Bappeda Kota Padang, hingga September 2023 pencapaian 11 program  unggulan mendekati maksimal dan melebih target.

Dari 11 program unggulan yang dikerjakan, ada dua yang belum mencapai 100 persen, yaitu Meningkatkan Indeks  Kemudahan Berusaha di Kota Padang hingga September 2023 baru tercapai 80,17 persen, dan program   unggulan.  

Melanjutkan Pengembangan Kawasan Wisata Terpadu Gunung Padang, Pulau-pulau Kecil, Wilayah Timur  Kota Padang yang baru mencapai 77,07 persen. Namun demikian, dua program unggulan yang masih belum  mencapai target 100 persen itu tuntas hingga akhir tahun  2023 dan tahun 2024 tuntas 100 persen.

Dua program unggulan yang belum mencapai target, persentasenya tidak begitu signifikan. Dalam waktu tersisa hingga akhir tahun April 2024 ditargetkan rampung 100  persen.

Hendri Septa mengakhiri masa jabatan Wali Kota resmi berakhir 13 Mei 2024. Artinya, sebelum masa jabatannya berakhir, 11 program unggulan itu terealisasi dengan catatan gemilang. 

Hendri Septa, yang berpasangan dengan Hidayat dalam kontestasi Pilkada 2024 ini, dan telah resmi mendaftar ke KPU Padang sebagai calon Wali Kota-Wakil Wali Kota Padang,  berangkat dari niat Ikhlas dan tulus, akan melanjutkan dan meningkat program-program unggulan tersebu jika diberi amanah oleh warga Padang untuk memimpin ibu kota Provinsi Sumatera Barat ini.

“Saya bersama Hidayat konsisten melanjutkan program-program yang berhasil direalisasikan dan terus meningkatkan kualitasnya. Dan tentu saja disempurnakan dengan program-program unggulan yang menyentuh masyarakat. Kita bekerja untuk masyarakat demi meningkatkan kesejahteraan Masyarakat,” terang Hendri Septa.

Ini 11 Program Unggulan yang Sukses Diwujudkan

  1. Melanjutkan Betonisasi Jalan Lingkungan,  Pengaspalan dan  Pelebaran Jalan serta  Perbaikan  Drainase dan Pengendalian  Banjir Terpadu
  2. Meningkatkan Efektivitas  Reformasi  Birokrasi, Budaya Kerja Aparatur dan  Pelayanan  Publik
  3. Melanjutkan Pengembangan  Kawasan Wisata  Terpadu Gunung Padang,  Pulau-pulau  Kecil, Wilayah Timur Kota Padang
  4. Melanjutkan Penyelenggaraan  Pesantren  Ramadan, Kegiatan  Keagamaan,  Seni  Budaya dan  Olahraga yang Lebih Berkualitas
  5. Melanjutkan Penataan Angkutan  Umum dengan Pembukaan  Koridor  Baru TransPadang serta Melakukan Manajemen  dan  Rekayasa  Lalu Lintas  untuk Memperlancar Pergerakan  Orang dan  Barang
  6. Membangun 500 Ruang  Kelas  Baru untuk SD dan  SMP
  7. Merevitalisasi Sarana Prasarana Olahraga  Tingkat RT/ Ru/ dan  Membuat Taman Kota  1/Kecamatan  serta Membangun Pusat Kreativitas dan  lnovasi Pemuda (Youth  Center)
  8. Meningkatkan  Dana  Stimulan  Kecamatan  Rp 1    Milar,  dan Dana  Kelurahan Rp 100 Juta  serta  Meningkatkan  Dana Operasional RT/RW,  Guru TPA/MDA  dan  Imam  Masjid
  9. Meningkatkan Indeks  Kemudahan  Berusaha di Kota Padang
  10. Mendorong Penyediaan Ru mah  Bersubsidi bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah
  11. Membangun Kampung Tematik dalam Pengembangan Ekonomi Lokal  Masyarakat Berdasarkan Potensi Wilayah 

SSC/*

 

Iklan

BACA JUGA