Sabtu, 01/06/2024 19:13 WIB

Sejumlah Material Masih menghambat, Tim Expedisi Telusuri Aliran Sungai Sigarunggung

TAK

TAK

 
Tanah Datar, sumbarsatu.com--Sejumlah material terlihat menghambat aliran Sungai Sigarunggung Gunung Merapi, dan dikwatirkan akan menjadi genangan air yang bisa mengakibatkan galodo atau banjir bandang.
 
Mengantisipasi hal tersebut, Bupati Tanah Datar Eka Putra melepas tim ekspedisi Sungai Sigarunggung Gunung Marapi, Sabtu (1/6/2024) di halaman depan gedung Indojolito Batusangkar. 
 
Turut mendampingi bupati, Dandim 0307 Tanah Datar Letkol Inf Agus Priyo Pujo Sumedi, Kabag Ops Polres Tanah Datar dan juga Pasi Ops Yon Marinir Padang. 
 
Dalam arahannya, Bupati Eka Putra menyampaikan bahwa ekspedisi ini merupakan tugas kemanusiaan dalam rangka menelusuri aliran sungai Batang Sigarunggung. Sebab, berdasarkan penglihatan melalui drone dan berdasarkan laporan tim advan ditemukan banyak material yang menghambat aliran sungai tersebut. 
 
"Berdasarkan hasil video drone dan laporan tim advan kemarin kita lihat dan dengar ada banyak material yang menghambat aliran sungai ini dan berpotensi menjadi genangan air yang bisa mengakibatkan galodo susulan. Untuk itu, tugas tim ini ada tiga yaitu mencari titik untuk pembangunan sabo dam, mencari titik untuk pemasangan Early Warning System (EWS) dan melakukan pembersihan material yang menghambat aliran sungai," ujarnya. 
 
Dikesempatan itu, Bupati Eka Putra juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada tim gabungan TNI, Polri, BPBD, relawan Nagari, ORARI, RAPI dan relawan lainnya. 
 
Kepada tim yang ditugaskan, bupati menegaskan untuk menjaga keselamatan, saling berkomunikasi dan saling menjaga, serta jangan ada yang meninggalkan rekan se-tim.
 
Sebab kata bupati, medan yang akan kita tempuh cukup berat dan berdasarkan informasi juga ada binatang buas disana. 
 
"Selalu berhati-hati dan jangan pernah lelah untuk tugas kemanusiaan. InsyaAllah ini akan menjadi amal ibadah buat kita semua," pungkasnya. SSC/NC
 
 

 

BACA JUGA