Pjs. Bupati Sijunjung Maifrizon Buka Bimtek Keuangan Partai Politik

Selasa, 15/10/2024 04:54 WIB

 

Sijunjung, sumbarsatu.com--Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Sijunjung Maifrizon buka bimbingan teknis (Bimtek) keuangan partai politik di Aula Wisma Keluarga, Muaro Sijunjung, Senin (14/10/2024).

Kegiatan yang digelar oleh Kesbangpol dan Linmas Sijunjung tersebut diikuti  24 peserta dari 12 Parpol yang mendapatkan bantuan keuangan partai politik tahun 2024.

Maifrizon mengatakan Bimtek itu berdasarkan ketentuan pasal 34A ayat (1) UU Nomor 2 tahun 2011 tentang perubahan undang-undang Nomor 2 tahun 2008 tentang partai politik. Dimana partai politik wajib menyampaikan laporan pertanggungjawaban penerimaan dan pengeluaran yang bersumber dari APBN dan APBD kepada BPK untuk dilaksanakan pemeriksaan.

"Bantuan keuangan kepada Parpol ditujukan untuk memperkuat sistem dan kelembagaan Parpol melalui alokasi dana yang diprioritaskan untuk menunjang kegiatan pendidikan politik dan operasional sekretariat DPD dan DPC Parpol," ungkap Maifrizon.

Lebih lanjut Maifrizon mengatakan meskipun bantuan keuangan merupakan hak Parpol yang memperoleh kursi di DPRD, tetapi Parpol tetap berkewajiban untuk menyampaikan pertanggungjawaban anggaran yang telah diterima dan melaporkan penggunaannya secara transparan dan akuntabel serta tepat waktu.

Tata cara pelaporan dan pertanggungjawaban itu diatur secara teknis dalam Permendagri Nomor 78 tahun 2020 tentang perubahan atas Permendagri Nomor 36 tahun 2018 tata cara penghitungan, penganggaran dalam APBD, dan tertib administrasi pengajuan, penyaluran, dan laporan pertanggungjawaban penggunaan bantuan keuangan partai politik.

Kasubag TU Kesbangpol Maryusman selaku panitia pelaksana menyampaikan bahwa Bimtek ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenai tertib pengadministrasian dan pembuatan lapaoran pertanggungjawaban bantuan keuangan partai politik secara akuntabel. Dan dana bantuan keuangan partai politik itu bisa dilaksanakan secara efektif dan tanggungjawab. (Thendra)



BACA JUGA