Lindungi Ternak Warga dari Serangan Harimau, BKSDA Bangun Kandang Komunal di Palembayan

Rabu, 09/10/2024 17:50 WIB

Agam, sumbarsatu.com-Untuk melindungi ternak warga dari serangan harimau Sumatera, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat (Sumbar) membangun 3 unit kandang komunal di Kecamatan Palembayan.

Menurut Kepala Resor Konservasi Wilayah II Maninjau BKSDA Sumbar, Rusdiyan P. Ritonga di Lubuk Basung, Rabu (9/10/2024), kandang komunal itu dibangun di Marambuang, Nagari Baringin, Sipinang Nagari Tigo Koto Sipinang, dan Tantaman Nagari Ampek Koto Palembayan.

Dijelaskan, pembangunan kandang komunal tersebut sedang berlangsung. Kandang komunal di Marambuang berukuran 6X25 meter bujur sangkar, dengan kapaasitas 12 ekor kerbau milik 4 orang warga.

Kandang di Sipinang dengan ukuran 7,5X20 meter bujur sangkar untuk 27 ekor kerbau milik 18 warga. Sedanngkan kandang di Tantaman, rencana akan dibangun di daerah teridentifikasi rawan konflik. Kini sedang ditunggu kesiapan masyarakat Tantaman. Bila sudah siap segera dibangun.

Seluruh bahan pembangunan kandang, berupa kawat berduri, semen, atap seng, dan lainnya berasal dari dukungan program Yayasan Sintas Indonesia. Pembangunannya dilakukan secara swakelola. (MSM)

Iklan

BACA JUGA