Minggu, 15/09/2024 06:39 WIB

Payakumbuh Barat Juara MTQ 2024

yetti

yetti

Payakumbuh, >sumbarsatu.com - Kecamatan Payakumbuh Barat berhasil keluar sebagai juara umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-41 tingkat Kota Payakumbuh yang digerlar Jumat - Sabtu (14-15/9-2024).
 
Pj Wali Kota Payakumbuh diwakili Sekda Payakumbuh,Rida Ananda mengaku bersyukur dengan suksesnya pelaksanaan MTQ di tingkat Kota Payakumbuh.
 
"Alhamdulillah acara MTQ ini disaksikan secara antusias oleh masyarakat Payakumbuh Barat dan Kota Payakumbuh, dibuktikan dengan ramainya penonton yang menyaksikan secara langsung acara ini," ujarnya.
 
Kecamatan Payakumbuh Barat keluar sebagai juara setelah mendapatkan jumlah poin 110, dilanjutkan Kecamatan Latina dengan poin 98, Kecamatan Payakumbuh Utara mendapatkan 70, Kecamatan Payakumbuh Timur dengan poin 48, dan Kecamatan Payakumbuh Selatan yang mendapatkan 26 poin.
 
Rida yang juga merupakan Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kota Payakumbuh tingginya antusias masyarakat membuktikan keinginan Pemko Payakumbuh dan masyarakat dalam mempelajari dan mengamalkan Alquran masih sangat tinggi.
 
"Setelah kegiatan ini kami harapkan semua kafilah untuk tetap istiqomah untuk mempelajari dan mengamalkan Al-quran sebagai pedoman hidup orang beriman. Tantangan zaman telah berevolusi dengan berbagai problem yang menyertainya," ungkapnya. 
 
Selanjutnya Rida juga berharap agar nantinya pada pelaksanaan MTQ tingkat Sumatera Barat di Bukittinggi pada 2025 posisi Kota Payakumbuh dapat mencapai klasemen papan atas. 
 
Rida mengatakan bahwa Kafilah yang saat ini menjadi juara akan menjadi Kafilah Kota Payakumbuh untum MTQ Tingkat Sumatera Barat.
 
"Semoga pada tingkat Sumatera Barat kita bisa memberikan yang maksimal. Sebelumnya kita hanya berada pada papan tengah tentu harapan kita dapat meningkat," ujarnya.
 
Sementara itu Camat Payakumbuh Barat Ul Fakhri mengatakan bersyukur karna Payakumbuh Barat sukses pelaksanaan dan juga sukses meraih prestasi. 
 
"Terimakasih kepada seluruh panitia pelaksana, dan tentunya seluruh masyarakat yang telah mendukung penuh suksesnya pelaksanaan MTQ di Payakumbuh Barat," katanya.
 
MTQ kali ini mempertandingkan sembilan cabang, yaitu Tilawah, Tartil, Hifzh, Syarhil Qur’an, Kitab Standar, Musabaqah Menulis Ilmiah Al-Qur’an (M2IQ), Khutbah Jum’at dan Azan, Kaligrafi, serta Da’i Cilik.
 
Acara ini memusatkan kegiatan utama di Masjid Istiqomah, namun beberapa cabang lainnya juga diselenggarakan di venue-venue berbeda, seperti Masjid Munawarah Koto Tangah, Masjid Al Amanah Kubu Gadang, dan MAN 2 Payakumbuh.
 
Dalam pelaksanaannya, MTQ ini melibatkan 227 kafilah dari lima kecamatan di Kota Payakumbuh, masing-masing dari Kecamatan Lamposi Tigo Nagari, Payakumbuh Barat, Payakumbuh Utara, Payakumbuh Timur, dan Payakumbuh Selatan.-(IMA)
 
 
 

BACA JUGA