Paslon Bupati-Wakil Bupati Tanah Datar Eka-Achmad Jalani Tes Kesehatan

Sabtu, 31/08/2024 15:57 WIB
Komisioner KPU Tanah Datar dampingi paslon Bupati-Wabup periksa kesehatan di RSUP M. Djamil Padang, Sabtu (31/8/2024).

Komisioner KPU Tanah Datar dampingi paslon Bupati-Wabup periksa kesehatan di RSUP M. Djamil Padang, Sabtu (31/8/2024).

Padang sumbarsatu.com—Pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Tanah Datar Eka Putra-Ahmad Fadly menjalani tes kesehatan di RSUP M Djamil Padang, Sabtu, 31 Agustus 2024.

“Pemeriksaan kesehatan ini bagian dari tahapan pendaftaran calon. Salah satu syarat calon itu sehat jasmani, rohani dan bebas penyalahgunaan narkotika. Hal ini dibuktikan dengan pemeriksaan kesehatan,” kata Dicky Andrika, Ketua KPU Tanah Datar, didampingi Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan, Gusriyono, dan Ketua Divisi Sosdiklih Parmas SDM, Ikhwan Arif, Sabtu 31 Agustus 2024.

Gusriyono menambahkan, dalam pemeriksaan kesehatan ini, selain melibatkan dokter dari RSUP M Djamil, juga melibatkan tim dari BNN Provinsi Sumbar, untuk pemeriksaan penyalahgunaan narkotika.

“Kesimpulan hasil dari tes kesehatan pasangan calon ini akan menjadi pertimbangan KPU dalam menetapkan calon nantinya,” tambah Gusriyono.

Dijelaskannya, sesuai Keputusan KPU Nomor 1090 tahun 2024, kesimpulan hasil pemeriksaan kesehatan dikelompokkan dalam 2 kategori, yaitu, mampu yang merujuk pada fit atau laik melaksanakan tugas sebagai Bupati dan Wakil Bupati.

“Kategori kedua tidak mampu yang merujuk pada unfit atau tidak laik melaksanakan tugas sebagai Bupati dan Wakil Bupati. Hasil inilah yang menjadi pertimbangan kita nantinya,” ungkapnya.

Direktur Utama RSUP M Djamil Padang, Dr Dovy Djanas yang ikut mendampingi konferensi pers Eka,-Achmad, menjelaskan setidaknya ada 20 metode pemeriksaan kesehatan dan penyalahgunaan narkotika yang akan diikuti oleh calon kepala daerah dalam pemilihan serentak nasional 2024 ini.

“Pemeriksaan kesehatan ini ditangani 60 dokter dari RSUP M Djamil Padang,” kata Dovy Djanas.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada KPU Tanah Datar yang telah melayani kami untuk pemeriksaan kesehatan ini. Tahun 2020 lalu, saya juga mengikuti pemeriksaan kesehatan, tapi berbeda dengan sekarang. Dulu kita datang dan mengikuti sendiri, sekarang pelayanannya lebih bagus. Mudah-mudahan kami bisa mengikuti pemeriksaan kesehatan ini dengan hasil terbaik,” ujar Eka Putra saat konferensi pers sebelum pemeriksaan kesehatan.

Eka Putra-Ahmad Fadly dalam pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar diusulkan Partai Demokrat, Gerindra, PKS, PKB, Hanura dan PDI-P. SSC/MN

 

Iklan

BACA JUGA