HUT ke-79 RI, Pemkab Sijunjung Gelar Detik-detik Proklamasi dengan Khidmat

Senin, 19/08/2024 00:37 WIB
lalok

lalok

Sijunjung, sumbarsatu.com--"Nusantara Baru, Indonesia Maju" menjadi tema Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) dan upacara peringatan detik-detik proklamasi digelar oleh Pemkab Sijunjung di Lapangan M. Yamin, Muaro Sijunjung, Sabtu (17/8/2024).

Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir dan Komandan Upacara Lettu Inf. Yepril dari Kodim 0310/SSD. Untuk pembacaan Teks Proklamasi oleh Ketua Sementara DPRD Kabupaten Sijunjung Yusnidarti.

Upacara yang berlangsung khidmat tersebut diikuti oleh Pemkab Sijunjung, Polres Sijunjung, Kodim 0310/SSD, Veteran RI, Forkopimda, pelajar, dan masyarakat.

'Peringatan HUT RI Ke-79 ini bukan sekadar seremonial melainkan sebagai wujud menghargai sejarah dan proses pejuangan para pahlawan," ungkap Bupati Benny usai upacara Detik-detik Proklamasi tersebut.

Lebih lanjut Benny mengatakan perjuangan nyawa, darah, dan pikiran dari para pahlawan harus merefleksikan diri dalam mengisi kemerdekaan ini.

Untuk itu, Benny mengajak aparatur dan seluruh lapisan masyarakat untuk bergandeng tangan menyukseskan pembangunan di Kabupaten Sijunjung.

"Pemkab tidak bisa berjalan sendiri tanpa dukungan dari masyarakat. Untuk itu, mari kita bersama-sama memajukan Sijunjung," ujarnya.

Usai upacara peringatan Detik-detik Poklamasi itu dilangsungkan temu ramah dengan veteran di Balairung Lansek Manih, Kantor Bupati Sijunjung yang dihadiri Wakil Bupati Sijunjung Iraddatillah bersama anggota DPRD Sijunjung Nofrialdi Zulka, Kapolres Sijunjung AKBP Andre Anas, dan jajaran pejabat Pemkab.

Pada kesempatan itu Iraddatillah menyampaikan terima kasih kepada para veteran yang telah memberikan kontribusi besar bagi kemerdekaan Indonesia.

"Mereka adalah sosok-sosok yang telah berjuang dengan segenap jiwa raga untuk memerdekakan bangsa ini," pungkasnya. (Thendra)

Iklan

BACA JUGA