Mahyeldi Lantik Pengurus IKA Fakultas Pertanian Unand Cabang Jambi

Kamis, 15/08/2024 15:53 WIB
IKA UNAND

IKA UNAND

 

Bertanam Bunga di perkarangan
Buat halaman menjadi indah berseri
Buktikan karya alumni di perantauan
Majukan petani di Provinsi Jambi

Jambi, sumbarsatu.com--Kata Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) Ikatan Alumni (IKA) Universitas Andalas (Unand), Mahyeldi Ansharullah saat  melantik kepengurusan baru IKA Fakultas Pertanian Unand Jambi. Mahyeldi, yang juga menjabat sebagai Gubernur Sumatera Barat, dalam sambutannya menyampaikan harapan besar kepada pengurus baru agar dapat berperan aktif dalam memajukan dunia pertanian.

“Saat ini alumni Pertanian Unand telah mencapai lebih dari 11.000 orang yang tersebar di seluruh indonesia. Perlu memaksimalkan perannya alumni dalam berbagai sektor pembangunan, terutama pertanian,” kata Mahyeldi pada Rabu, 14 Agustus 2024.

Pengangkatan ini menggantikan pengurusan IKA FPUA sebelumnya. Sejumlah nama diamanahkan menjadi pengurus periode 2024-2029. Diantaranya Mahendra Taher sebagai Ketua, Adi Junedi sebagai Wakil Ketua, dan Ade Candra sebagai Sekretaris Jenderal.

Pelantikan ini dihadiri oleh Wakil Gubernur Jambi Abdul Sani, Wakil Ketua IKA FPUA Fadli Rustam,  Sekretaris DPP IKA FP UA Ferdinan Asmin, dan Kepala Bappeda Provinsi Jambi, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jambi serta ratusan alumni Fakultas Pertanian Unand yang berdomisili di Jambi dan sekitarnya. Selain menjadi ajang silaturahmi, acara ini juga menjadi momentum untuk memperkuat komitmen alumni dalam mendukung pengembangan sektor pertanian untuk pembangunan di Provinsi Jambi.

Sementara itu, Mahendra Taher ketua terpilih mengatakan fokus utama kepengurusan saat ini adalah mempererat hubungan antar alumni, mendukung kegiatan sosial, dan berkontribusi dalam pengembangan pertanian berbasis teknologi di Jambi. Selain itu, mereka juga berkomitmen untuk mendukung program-program pemerintah daerah dalam meningkatkan ketahanan pangan dan kesejahteraan petani.

“Salah satu program yang akan dilakukan yaitu pengembangan pertanian rendah emisi, saat ini telah ada pusat belajar pertanian rendah emisi yang ada di Desa Kasang Pudak. Kecamatan kumpeh, yang diinisiasi oleh salah seorang anggota IKA,” katanya.

Acara pelantikan ini juga dimeriahkan dengan sesi diskusi dan tukar pikiran antara alumni, berbagai ide dan pengalaman dibagikan untuk mendukung keberlanjutan pertanian yang lebih baik. Para alumni berharap, dengan kepengurusan baru ini, IKA Fakultas Pertanian Unand Jambi dapat menjadi wadah yang kuat untuk kolaborasi dan inovasi dalam bidang pertanian. SSC/SONIA

Iklan

BACA JUGA