Sabtu, 17/08/2024 22:41 WIB

Upacara Peringatan HUT ke-79 RI Berjalan Khidmat

upa

upa

 
Payakumbuh,sumbarsatu.com—Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-79 yang digelar di Halaman Kantor Balai Kota Payakumbuh, Sabtu (17/8-24) pagi berlangsung khidmat.
 
Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kapolres Payakumbuh AKBP Ricky Ricardo, S.I.K, S.H, M.H dan Komandan Upacara Kasatlantas Polres Payakumbuh AKP Firdaus, S.H, M.H.
 
Pembawa bendera adalah Helzy Mayora Pranantalia Lase dari SMAN 1 Payakumbuh, penggerek bendera Ghiffan Azhizhi dari SMAN 3 Payakumbuh, dan pembentang bendera Fadlan Urfendi dari SMAN 3 Payakumbuh.
 
Pengibaran sang saka merah putih tersebut dilaksanakan setelah sebelumnya, Jumat malam, renungan suci digelar di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa menjelang tengah malam pukul 24.00 WIB.
 
Usai upacara berlangsung, Penjabat Pj. Wali Kota Payakumbuh diwakili Sekretaris Daerah Rida Ananda mengajak warga Payakumbuh menjaga semangat berjuang demi kesejahteraan bersama.
 
“79 bukanlah angka yang kecil, kami berharap semangat pejuang terus ada di dalam hati seluruh warga Payakumbuh,” ujarnya.
 
Menurutnya, sebagaimana tema peringatan HUT RI tahun ini yakni Nusantara Baru Indonesia Maju, ia berharap Pemko dan masyarakat dapat terus menggelorakan semangat baru untuk kemajuan kota Payakumbuh.
 
“Kini, makna merdeka tak hanya sebab menang melawan penjajah. Lebih dari pada itu, komitmen memerdekakan Payakumbuh dari stunting, kemiskinan, inflasi, dan banyak hal lainnya adalah bagian dari kemerdekaan dan perjuangan bersama,” ungkapnya.
 
Peringatan HUT RI itu semakin semarak dengan penampilan dari 31 Polisi Cilik (Pocil) dari SD 04 Payakumbuh, SD 21 Payakumbuh, dan SD 28 Payakumbuh dibawah binaan Kamsel Satlantas Polres Payakumbuh.
 
Sekda Rida Ananda juga menyerahkan CSR dari Bank Nagari kepada Disdik Payakumbuh berupa bantuan sosial bidang pendidikan sebesar Rp.110.000.000 beserta sejumlah penghargaan. 
 
Penghargaan pertama, ASN Award yang diserahkan kepada Novit Ardi yaitu Anugerah ASN 2023 Kategori Pengawas Terbaik Tingkat Nasional.
 
Kemudian, penghargaan Satyalancana Karya Satya XXX kepada Reny Eka Putri, dan penghargaan Satyalancana Karya Satya X kepada Finto Handayana Putra.
 
Adapun pemenang lomba mural kategori umum dimenangkan oleh Dinas Perkim Kota Payakumbuh sebagai Juara 3, Dinas Kominfo Kota Payakumbuh Juara 2, dan Bappeda Kota Payakumbuh juara 1.
 
Kemudian, pada ajang AFA Asian League Paragliding Accuracy 2024 Skylancing Lombok Indonesia, atlit Rira Nurhakim meraih Juara 3 perorangan ketepatan mendarat, Abdurrahman Hidayat Juara 1 ketepatan mendarat, Jordi Ansyah R pada PGAWC Serie 4th Juara 1 kejuaraan dunia overall perorangan dan juara 1 kejuaraan dunia overall junior U-26 perorangan.
 
Lomba Pengolahan Pangan Lokal Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) PKK tingkat Kota Payakumbuh yang diraih oleh Kelurahan Tiakar sebagai Juara 3, Kelurahan Ikua Koto Dibalai Juara 2, dan Kelurahan Payolansek Juara 3.
 
Kemudian, terbaik 1 penilaian kelurahan berprestasi tingkat Provinsi Sumbar oleh Kelurahan Padang Sikabu dan terbaik 3 penilaian tingkat Provinsi Sumbar oleh kader posyandu Limbukan.
 
Tak hanya itu, Kelurahan Padang Sikabu sukses menyabet 3 predikat juara pada lomba gerakan PKK tingkat Provinsi Sumbar, yakni Juara 3 Lomba Kawasan dan Hatinya PKK, serta Harapan 1 Lomba Kampung Mandiri dan Pola Asuh Anak.
 
Rangkaian kegiatan kemudian dilanjutkan dengan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih yang dilaksanakan pukul 16.30 WIB. 
 
Bertindak sebagai Inspektur Upacara Dandim 0306/50 Kota Letkol Infantri Adri Asmara Yudha dan Komandan Upacara Pasi Intel Kodim 0306/50 Kota Letda Infantri Ifnusril.
 
Pembawa bendera adalah Trizi Wasa dari SMAN 3 Payakumbuh, pembentang bendera Haikal Dwi Prasetyo dari SMAN 1 Payakumbuh, dan Penggerek Bendera Perdi Giring dari SMAN 1 Payakumbuh.-(IMA)
 
 
 

BACA JUGA